Aceh Tamiang : Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang bersama Segenap unsur Forkopimda dan Para Pejabat Lingkup Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Apel kehormatan dan Renungan Suci di Halaman Pendopo Bupati Aceh Tamiang dan berlangsung tepat pada pergantian hari tengah malam pada (17/8/2020) pukul 00:00 Wib.

Apel Kehormatan atau Renungan Suci merupakan tradisi rutin yang dilakukan menjelang peringatan Detik-Detik Proklamasi-RI. Hal ini dilakukan untuk mengenang kembali jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur demi merebut dan mempertahankan Kemerdekaan NKRI, diharapkan Generasi penerus dapat meneladani sikap, semangat dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pahlawan Bangsa dan juga pengorbanan yang telah dilakukan oleh para Pahlawan untuk merebut dan mempertahankan NKRI dari para Penjajah tidak sia-sia.

Dalam kegiatan ini, Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol CPN Yusuf Adi Puruhita sebagai Inspektur membacakan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci serta memipin proses mengheningkan cipta.

“Kami yang hadir pada hari ini Senin tanggal 17 Agustus 2020 pukul 00.00 Wib pada Upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur sebanyak 50 orang terdiri dari TNI/Polri, Pegawai Sipil, Pejuang rakyat, Pahlawan tidak dikenal. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan Saudara-saudara para pahlawan dalam memperjuangkan kebahagiaan nusa dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji perjuangan Saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, Jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah Jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” Ujar Letkol CPN Yusuf Adi Puruhita.

Kegiatan Apel Kehormatan atau Renungan Suci ini, dihadiri oleh Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M.Kn, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang H. Basyaruddin, SH, Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol.CPN. Yusuf Adi Puruhita beserta 1 SST Kodim berjumlah 22 orang, Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Ari Lasta, SIK, beserta 1 SST Polres Aceh Tamiang berjumlah 16 orang, Ketua DPRK Aceh Tamiang H. Suprianto, ST dan Pimpinan Kolektif Dewan Aceh Tamiang, Wakil Ketua I Fadhlon, SH, Wakil Ketua II M. Nur, SE, Unsur Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang Wahyu Heri Purnama, SH, MH, selaku Kasi Intel Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Kalapas kelas II b Kualasimpang Davi Bartian, BC IP, S.sos, MM, Asisten Administrasi Umum, Ir. Adi Dharma, M.Si, Ketua MAA , Drs. Abdul Muin, Ketua MPD Fahmizar, S.Pd, Para Pejabat Lingkup Kabupaten Aceh Tamiang.

 

Sumber : https://humas.acehtamiangkab.go.id/berita/kabar-daerah/1282-apel-kehormatan-dan-renungan-suci-mengawali-rangkaian-hut-ri-ke-75.html