Aceh Tamiang : Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Bumi Muda Sedia berlangsung khidmat. Prosesi tersebut berlangsung di Halaman depan Kantor Bupati Aceh Tamiang, yang dimulai sekira pukul 07.30 Wib, pada Senin (17/07/20). Meski dilakukan secara sederhana, tidak sedikitpun mengurangi euforia dalam semangat kemerdekaan. Tahun ini, memang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang aman dari Covid-19.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn. Dengan menggunakan seragam putih kebesarannya, Beliau tampak berdiri gagah menerima laporan dari Perwira Upacara Kapten Infanteri P. Harahap sebagai tanda dimulainya upacara. Selanjutnya, penghormatan dari peserta upacara dikomandoi langsung oleh Komandan Upacara Kapten Infanteri M. Lumba Raja kepada Bupati Mursil.

Memasuki pokok acara, yaitu Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang sebelumnya diiringi dengan sirene panjang. Pembacaan Proklamasi ini dibacakan oleh Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, ST dan dilanjutkan dengan hening cipta dan Do’a.

Acara puncak yang ditunggu-tunggu serta menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia diseluruh Bumi Pertiwi yaitu Pengibaran Sang Saka Merah Putih sebagai lambang Negara Indonesia Raya. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang dilakukan pada peringatan tahun ini sebanyak 3 (tiga) orang Putra-Putri terbaik bangsa di Bumi Muda Sedia Aceh Tamiang yaitu Muhammad Azhari asal sekolah SMK Negeri 2 Karang Baru, Karmila asal sekolah SMK Negeri 1 Karang Baru dan Haris Saputra Alumni SMA 2 Kejuruan Muda. Sementara pada pasukan upacara, jumlahnya terbatas yang berasal dari unsur TNI.

Tidak satu nilaipun yang hilang dengan terselenggaranya Peringatan HUT RI ke 75 ditengah Pandemi Covid-19. Meski terbatas dalam gerak, sebagai Bangsa Indonesia kita bisa melakukan banyak hal dengan membangun budaya dan warisan negeri Indonesia dengan semangat persatuan dan kesatuan. Acara diakhiri dengan laporan oleh Perwira Upacara kepada Bupati Mursil dan dilanjutkan dengan pembubaran pasukan upacara.

Hadir pada kegiatan ini seluruh Unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Jajajaran POLRI dan TNI, seluruh Kepala OPD dalam Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, seluruh Camat pada 12 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang serta tamu undangan lainnya.

 

Sumber : https://humas.acehtamiangkab.go.id/berita/kabar-daerah/1283-ditengah-pandemi-covid-19-prosesi-peringatan-hut-ri-ke-75-di-bumi-muda-sedia-dilakukan-secara-sederhana.html