Aceh Tamiang : Guna mencegah erosi tanggul sementara yang dibangun di sejumlah titik Daerah Aliran Sungai (DAS) Tamiang, Pemkab Aceh Tamiang memanfaatkan tanaman rumput Vetiver. Hal ini disebutkan Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra, saat melakukan gerakan tanam rumput Vetiver (Vetiveria zizanioides Syn.) di atas tanggul sementara Kampung Gelung, Seruway, Jumat (12/1/24).

“Vetiver ini kita tanam supaya tanggul sementara yang dibangun kemarin tidak erosi lagi. Kita bikin penghijauan. Karena kalau tidak, kita khawatir akan terjadi erosi lagi,” ungkap Pj. Bupati Asra.

Dikatakannya, sumber bibit rumput Vetiver merupakan bantuan PT. Socfindo. “Jadi kemarin kita minta bantuan PT. Socfindo untuk bibitnya. Karena rumput ini sangat efektif untuk menjaga tanah supaya tidak erosi. Mudah-mudahan tanggul ini bisa membantu mencegah warga Gelung dari banjir,” tutur Asra lagi.

Pada pesan penutupnya kepada warga, Pj. Bupati Asra meminta warga ikut aktif merawat rumput Vetiver yang telah ditanam sembari menjaga tanggul sementara tersebut.

“Kami titipkan tanggul yang tidak sempurna ini kepada masyarakat. Kalau kira-kira ada yang bakal pecah, gotong royong. Jangan ditonton. Supaya bapak dan ibu  tidak tenggelam di sini. Tanggul ini harus kita jaga. Rumput Vetivernya juga dirawat,” pesannya kepada warga Kampung Gelung. 

Sementara itu, Camat Seruway, Rusni Devi A. Manullang dalam laporannya menyampaikan, pembangunan tanggul sementara di Kampung gelung ini mencapai panjang 350 meter dan ada kemungkinan bertambah. Sebab, lapornya, masih ada titik-titik tanggul yang mesti diperbaiki karena berpotensi jebol. Mewakili warga, Devi meminta Pj. Bupati memperbaiki titik-titik rawan tersebut.

Dalam kegiatan tadi, ikut hadir Ketua DPRK, Suprianto, Dandim 0117, Letkol Inf. Andi Ariyanto, Wakapolres Kompol Ichsan, Manajer PT. Socfindo, Kepala Cabang Bank Aceh, Aprian, Kepala BPBD, Iman Suhery, Kepala Dinas Sosial, Zulfiqar, Plt. Kepala Distanbunnak, Yunus, dan sejumlah Kepala SKPK, pimpinan BUMN/BUMS, serta tamu undangan lainnya.