Aceh Tamiang – Humas: Wakil Bupati Aceh Tamiang, menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (19/12/19) bertempat di Aula SKB Karang Baru, pukul 09.00 WIB. Agenda rapat tersebut adalah Pengucapan Sumpah Pimpinan dan Anggota Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tamiang Periode 2019-2024.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi seluruh program dan kegiatan MPU pada kepengurusan periode sebelumnya. Dikatakan Wabup, Pemkab sangat berharap, para Pimpinan dan Anggota MPU yang dilantik dapat membimbing masyarakat dan memberikan pencerahan sesuai dengan tuntunan Syariat Islam.

“MPU Kabupaten Aceh Tamiang harus proaktif menjadi contoh dan pelita di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, kami akan terus mendukung MPU sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Plus (Forkopimda Plus),” tutur Wabup.

“Kita sama-sama berharap agar kedepannya MPU bisa melahirkan lagi rumusan dan rekomendasi terbaik, yang dituangkan dalam program-programnya secara lebih komprehensif, merata dan berkesinambungan serta dapat saling bahu membahu dan bersinergi dalam membangun Bumi Muda Sedia ini,” tambahnya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MPU Aceh Tamiang Syahrizal, mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Ketua Mahkamah Syar’iyah dan Wakil Bupati Aceh Tamiang yang telah turut menyaksikan pengucapan sumpah Pimpinan dan Anggota MPU Aceh Tamiang. Dikatakan, pengucapan sumpah tersebut sangat sakral bagi para pengurus MPU, sebagai motivasi agar mampu mengemban amanah.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya sehingga menambah khitmah kegiatan ini. kegiatan dilanjutkan dengan Pimpinan Rapat Ketua MPU Aceh Tamiang terpilih, Ustadz Syahrizal, membuka Rapat Paripurna Istimewa MPU Aceh Tamiang.

Selanjutnya, Kepala Sekretariat MPU, Maddiah, dengan nada suara yang tegas membacakan Keputusan Bupati Aceh Tamiang, yang berisi nama-nama Pimpinan dan Anggota MPU. Setelah semua nama selesai dipanggil dan langsung mengambil posisi pada tempat yang telah ditentukan. Pengambilan sumpah dipimpin oleh Ketua MPU terpilih dan diikuti oleh seluruh anggota MPU.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pengucapan Sumpah/Pengukuhan Pimpinan dan seluruh anggota MPU Aceh Tamiang secara simbolis yang diwakili oleh Ustadz Sulaiman dan Ustadz Akramul Fahmi, disaksikan oleh Wakil Bupati serta Ketua Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang, M. Syauqy.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRK Aceh Tamiang beserta unsur Pimpinan DPRK, Ketua MAA, para Asisten dan Staf Ahli Bupati di Lingkungan Setdakab, para Kepala SKPK, para Kepala Bagian Setdakab, para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang, insan pers serta tamu undangan lainnya. [ck]