Aceh Tamiang – Humas: Bupati Aceh Tamiang diwakili Sekretaris Daerah Basyaruddin, SH. meresmikan gedung baru Sekolah Dasar Internasional Tahfizh Quran (SDIT-Qu). SDIT-Qu merupakan sekolah Yayasan Huda Wan Nurul yang terletak di Kampung Tangsi Lama, seruway, Rabu (31/7/2019).

Dalam kesempatan tersebut, di hadapan para santri dan masyarakat, Sekda Basyaruddin membacakan sambutan Bupati Aceh Tamiang menyampaikan ucapan terima kasih, memberikan apresiasi, dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang memiliki prakarsa untuk melaksanakan pembangunan Gedung Sekolah Dasar Internasional Tahfizh Qur’an (SDIT-Qu) Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. “Semoga segala yang telah dicurahkan untuk pembangunan sekolah ini, menjadi amal jariyah bagi bapak/ibu sekalian,” ucap Sekda.

Sekda menjelaskan, pendidikan akan sangat berpengaruh langsung kepada kualitas sumberdaya manusia. Dikatakannya, pendidikan dengan berbagai jenjang akan sangat menentukan tingkat pendidikan masyarakat yang berada di wilayah tersebut. “Karena itu pendidikan merupakan kebutuhan mendasar yang harus dikelola dan dikembangkan secara komprehensif. Dengan menerapkan sistem pendidikan yang baik, maka akan mencetak dan memunculkan generasi penerus bangsa yang berkualitas, yang mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, tambahnya.

Sekda menyebutkan, untuk memajukan dan menumbuhkan anak-anak tingkat Sekolah Dasar mendalami dan menghafal Aquran, merupakan wujud dari Syariat Islam di Aceh.

“Generasi Tahfizh Qur’an yang ada di sekolah ini nantinya bisa membumikan hafalan Al-qur’an dan menjadikan generasi yang taat akan ajaran agama. Untuk itu diperlukan dukungan dari semua pihak dan masyarakat,” kata sekda Basyaruddin mengutip sambutan Bupati.

Sementara itu, Pembina SDIT-Qu Seruway, H. Al-Hafiz menjelaskan, meski sekolah yang dipimpinya itu baru 3 bulan berjalan, anak didiknya sudah mampu menghafal dua juz Al-qur’an, yakni juz 29 dan juz 30. “Target kita anak-anak nantinya akan mampu menghafal 30 juz hingga mereka tamat tingkat sekolah dasar,” sebutnya.

Al-Hafiz juga menyampaikan untuk beberapa bulan kedepan sebanyak 50 murid akan tampil di Jakarta dalam acara Tahfizh Qur’an di salah satu stasiun televisi.

Turut hadir Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf. Deki Rayusyah Putra, Kepala OPD terkait, perwakilan dari Polres Aceh Tamiang, para tokoh agama, tokoh masyarakat, para praktisi pendidikan, serta para orang tua santri. [ind/ck]