Aceh Tamiang – Humas: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumberdaya manusia. Inilah di antara penegasan peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) oleh Bunda PAUD Aceh Tamiang, Rita Syntia, ST., MM. Penegasan ini disampaikannya ketika membuka kegiatan sosialisasi PAUD bagi Bunda PAUD Kampung dalam Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (01/08/19) di Aula Polres Aceh Tamiang.

Menurut Rita, PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak. “Dengan pendidikan usia dini yang tepat diharapkan kelak mereka menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing tinggi, sehingga mampu membawa indonesia menjadi negara bermartabat, sejajar dengan negara lain,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M. Nur yang mewakili Kepala Dinas sependapat dengan penegasan Bunda PAUD Kabupaten Aceh Tamiang tersebut. M. Nur menyebutkan, peran PAUD di kampung-kampung (desa -red) mesti dioptimalkan terutama sebagai wadah pendidikan karakter untuk menciptakan generasi penerus yang berkualitas.

Kegiatan Sosialisasi PAUD bagi Bunda PAUD Kampung dalam Kabupaten Aceh Tamiang yang diagendakan berlangsung selama satu hari ini bertujuan untuk menyatukan langkah, membangun sinergitas program pendidikan bagi anak usia dini mulai dari nasional hingga kabupaten yang dapat dijabarkan serta diaplikasikan oleh Bunda PAUD Kampung secara lebih optimal.

Rita Syntia selaku Bunda PAUD Kabupaten menambahkan, peran serta dinas terkait juga penting, supaya antar program dapat saling terkoneksi, yang menciptakan suatu program pendidikan anak usia dini yang terintegrasi antar komponen pemangku kepentingan.

Adapun para peserta dari Provinsi Aceh sebanyak 5 orang, Kabupaten sebanyak 25 orang, Kecamatan sebanyak 12 orang, dan Kampung sebanyak 213 orang. Acara sosialisasi diisi oleh 4 orang narasumber, tiga di antaranya dari provinsi dan satu orang lainnya dari kabupaten.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Tim Bunda PAUD Provinsi yakni, Ibu Fauziah Hanum, Nina Yunia Nurhayati, Salmiah Jamil, Sahifa Rina Mutia, Ketua Bhayangkari Aceh Tamiang, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana 0117/Aceh Tamiang, Ketua Adhyaksa Dharma Karini, Ketua Himpaudi Aceh Tamiang, Ketua IGRA Aceh Tamiang, Ketua IGTKI Aceh Tamiang, Ketua GOPTKI Aceh Tamiang, Ketua RA Aceh Tamiang, insan pers, para peserta Sosialisasi. [th/zuw]