Aceh Tamiang - Humas: Pesan tersebut disampaikan Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn, ketika membuka acara Millenial Road Safety Festival pada minggu (10/03/19) pagi tadi. Acara yang dipusatkan di halaman tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang dilaksanakan oleh Polres Aceh Tamiang, dan serentak di 23 Kabupaten/Kota di Aceh.

Harapan besar turut disampaikan Bupati kepada sekitar 2000-an generasi milenial yang hadir supaya rajin sholat berjamaah dan berolah raga dan menjadi pelopor keselamatan berlalu-lintas. "Generasi milenial mesti rajin sholat berjamaah, sholat ke masjid. Generasi milenial juga wajib berolahraga, supaya selalu sehat dan tidak gampang sakit. Generasi milenial mesti jadi pelopor keselamatan berlalu-lintas." pesan Bupati. Pesan itu disampaikannya bukan tanpa alasan. Bupati menegaskan, masa depan bangsa, khususnya Aceh Tamiang ada di tangan para generasi milenial hari ini. Dan bangsa ini membutuhkan generasi yang shalih, sehat, dan cerdas untuk meneruskan tongkat estafet perjalanan bangsa ini.

Hal ini sesuai dengan tema festival, "Milienial Cinta Lalu-lintas menuju Aceh Tamiang Hebat Indonesia Gemilang". Bupati juga mengapresiasi hadirnya kelompok kesenian Barongsai yang ikut meramaikan festival. Menurut Bupati, ini adalah satu bentuk heterogenitas kebudayaan masyarakat Aceh Tamiang yang terdiri dari beragam suku bangsa.

Sebelumnya, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian, menyampaikan bahwa tujuan diadakannya acara Millenial Road Safety Festival diadakan untuk memberikan pengetahuan dan menggugah kesadaran setiap pengendara untuk selalu memperhatikan dan menjaga keselamatan berlalu-lintas. Pesan ini terutama disampaikannya kepada para generasi milenial. Kapolres turut menerangkan, bahwa tahun 2018 lalu, terdapat 3.825 pelanggaran lalu-lintas. Ia menambahkan ada 355 kecelakaan lalu-lintas dan 33 kasus di antaranya menimbulkan korban jiwa. Karenanya berharap acara ini menjadi kampanye berkendara aman dan dapat menekan angka kecelakaan berlalu-lintas.

Dimulai sekira pukul 07.15 WIB, acara diawali pembacaan ummul Quran. Setelah penyampaian sambutan, acara dilanjutkan dengan deklarasi generasi pelopor keselamatan berlalu-lintas dan penandatanganan deklarasi oleh Bupati, Kapolres, Dandim 0117/Aceh Tamiang, Ketua DPRK, Sekretaris Daerah, dan para pejabat serta tokoh lainnya. Selanjutnya, Bupati didampingi Kapolres melepaskan rangkaian balon sebagai tanda dimulainya festival.

Millenial Road Safety Festival hari ini memiliki beberapa rangkaian acara, yakni jalan santai, senam kolosal, lomba pantun antar sekolah tingkat SLTA dan Bike Contest (kontes sepeda motor) yang terdiri dari 3 kategori, modifikasi klasik, modifikasi Thailook, dan modifikasi harian. Peserta festival juga mendapatkan beragam hadiah yang disediakan sponsor acara. Hadiah utama ialah 2 unit sepeda motor.

Tampak hadir pada acara Millenial Road Safety Festival, Dandim 0117/ Aceh Tamiang Letkol Inf. Deky Rayusyah Putra, Ketua DPRK Fadlon, Wakil Ketua DPRK Nora Idah Nita, Sekretaris Daerah Basyaruddin, serta para kepala OPD dan instansi vertikal dalam Kabupaten Aceh Tamiang. Acara turut dimeriahkan oleh penampilan band lokal. Acara yang dihadiri sekira 4000-an masyarakat ini berlangsung hingga siang, dan berhenti tepat ketika adzan zhuhur berkumandang. [zuw]