Aceh Tamiang: Puncak peringatan World Clean Up Day (WCD) atau Hari Bersih-bersih Sedunia Tahun 2023 tingkat Kabupaten Aceh Tamiang dihelat hari ini, Ahad (17/9/23). Kegiatan dibuka langsung oleh Pj. Bupati, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, di kawasan ekowisata Pemandian Air Panas Kaloy, Tamiang Hulu.

Pj. Bupati Meurah, di hadapan 40-an relawan dari pelbagai komunitas yang mengikuti kegiatan mengucapkan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat. Dalam pada itu, Meurah mengajak warga Kabupaten Aceh Tamiang untuk ikut ambil bagian dalam pengelolaan sampah di lingkungan masing-masing.

“Sampah kita semakin lama semakin meningkat, saya mengajak kita semua peduli dan ambil bagian untuk menjaga lingkungan kita”, kata Pj. Bupati Meurah.

Kepada para relawan yang mengikuti kegiatan hari bersih-bersih sedunia, Meurah mengimbau untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja selama membersihkan lingkungan kawasan ekowisata pemandian air panas Kaloy.

Dalam kegiatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Syurya Luthfi, melaporkan kegiatan WCD yang digelar bersama dengan pengelola Bank Sampah Muda Sedia ini adalah yang ketiga kalinya. Dua kali kegiatan mengambil tempat di kawasan perkotaan. Tahun ini kata Syurya, pihaknya memilih lokasi wisata.

Dalam pada itu Syurya juga menyebutkan, kegiatan WCD digelar secara global selama mulai dari tanggal 16 September hingga sebulan ke depan.

Sebelumnya, Sri Sukma Wulandari, pengelola Bank Sampah Muda Sedia yang menyampaikan laporan panitia menyebutkan, kegiatan diikuti oleh sejumlah komunitas anak-anak muda. Wulan yang juga mewakili Perhimpunan Masyarakat Aceh Tamiang & Diaspora Mahasiswa Tamiang - Jakarta, mengatakan kegiatan ini digelar secara sederhana namun tidak mengurangi esensi peringatan WCD. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada DLH dan seluruh pihak yang terlibat aktif dalam even tahunan itu.

Sebelum dilepas, panitia kegiatan memberikan penghargaan kepada Pj. Bupati Meurah, Kadis LH, Camat dan Datok penghulu setempat.

Tampak hadir pada kegiatan WCD kemarin, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh & Kesejahteraan Rakyat, Muslizar, Kadis Perhubungan, Syuibun Anwar, Kadisparpora, M. Farij, Camat Tamiang Hulu, M. Ilham Malik, Kabag Prokopim, Azwanil Fakhri, Datok Penghulu, dan para pengelola Bank Sampah Muda Sedia beserta para relawan yang mengikuti kegiatan.