Aceh Tamiang: Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Drs. Asra, menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-40 Tahun 2023 yang berlangsung di serambi Kantor Bupati setempat, Sabtu (9/9/23).

Mewakili Pj. Bupati Aceh Tamiang, Sekda Asra yang menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI mengatakan, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sebagaimana termaktub dalam UU 11/2022 tentang Keolahragaan dan Perpres 86/2021 memerlukan kolaborasi dan komitmen yang kuat  antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan stakeholders olahraga untuk bersama-sama semangat mencetak para juara. Hal ini sejalan dengan logo dan tema Haornas ke-40 Tahun 2023, yakni “Gelanggang Semangat Pemenang”.

Untuk mencapai itu, lanjut Asra, ada tahapan panjang harus yang dilalui. “Diawali pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science. Hal ini tentunya perlu dilakukan secara serius, teroganisir, profesionalisme, dan pengerahan segenap sumber daya yang kita miliki”, ucapnya melanjutkan.

Dikatakannya, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), diharapkan mampu memberikan konstribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas, yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar, berkarakter unggul, dan berprestasi dunia. Bahkan, Asra menekankan, olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi melalui sport industry dan sport tourism.

Upacara peringatan Haornas ke 40 yang berlangsung sederhana tersebut diikuti oleh para perwakilan Forkopimda, Kepala SKPK, perwakilan atlet, siswa dari sejumlah sekolah, para pengurus KONI, KOI, dan cabang olahraga yang ada di Bumi Muda Sedia.

Pasca upacara Peringatan Haornas, Sekda Asra didampingi Kadisparpora, M.Farij, turut menyerahkan uang pembinaan bagi atlet disabilitas yang baru saja mengharumkan nama Aceh Tamiang di kancah nasional. Kegiatan turut diramaikan dengan sejumlah lomba yang digelar oleh Disparpora Aceh Tamiang.