Jakarta – acehtamiangkab : Bunda PAUD Kabupaten Aceh Tamiang, Rita Syntia, ST, MM,  sebelum mengikuti acara Sosialisasi dan Harmonisasi Bunda PAUD Tahun 2019, beliau menghadiri acara silaturahmi dan makan siang bersama dengan Ibu PLT.Gubernur Aceh, yang dilaksanakan di Aula Mess Aceh jln.RP.Soeroso 14 Cikini Jakarta Pusat, yang dihadiri para Bunda PAUD Kabupaten /Kota di Aceh.

Dalam sambutannya Dr.Dyah Erti Idawati,M,  Bunda PAUD Aceh, menyampaikan program-program yang akan dicapai para Bunda PAUD Kabupaten/Kota di Aceh yaitu pendataan data pokok pendidikan, mempercepat terbitnya izin operasional, penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi, kesehatan, pendidikan dan pengasuhan serta perlindungan anak sehingga mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan baik di tingkat masyarakat, pemerintah pusat dan daerah, juga kesehatan dan kebersihan lingkunga serta inisiasi program satu tahun wajib belajar pra SD.

Isu stunting merupakan pembahasan hangat dalam kegiatan tersebut, diharapkan para Bunda lebih memperhatikan permasalahan  Stunting di mana kondisi anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan ia lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya. banyak yang tidak  tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah pertumbuhan si kecil,apalagi, jika stunting dialami oleh anak yang masih di bawah usia 2 tahun. Hal ini harus segera ditangani dengan segera dan tepat. Pasalnya stunting adalah kejadian yang tak bisa dikembalikan seperti semula jika sudah terjadi.

Rita juga menyampaikan dukungannya kepada program tersebut dan Kabupaten Aceh Tamiang siap melaksanakannya, diakhir acara diharapkan para bunda untuk segera mempersiapan desa PAUD di daerah masing-masing ( RZ )