Aceh Tamiang: Membela negara merupakan upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. Guna memperingati hari tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 yang mengusung tema “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku” di serambi Kantor Bupati setempat, Senin (19/12/22).

Demi kekhidmatan dan keberkahan, prosesi dimulai dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mars Bela Negara, pembacaan teks Pancasila, ikrar Bela Negara dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, selaku Inspektur Upacara Dandim 0117/Aceh Tamiang, Letkol Czi. Alfian Rachmad Purnamasidi, yang membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo mengatakan, seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara.

”Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang,” ucapnya menirukan amanat Presiden.

Oleh karena itu, Alfian mengingatkan, para pelaku pembangunan harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara.

“Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara”, tuturnya membacakan amanat.

Di akhir amanat yang dibacakannya, Dandim Aceh Tamiang tersebut mengajak segenap komponen bangsa untuk menjadi peringatan Hari Bela Negara sebagai momentum menguatkan kembali kesadaran berbangsa dan bernegara.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai”, lanjutnya.

Hadir dalam acara ini, Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn, unsur Forkopimda, seluruh Kepala SKPK, dan para peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Dishub, Damkar dan lainnya.[Ar]