Aceh Tamiang: Bupati Mursil optimis Kampung Mekar Jaya, Kecamatan Rantau, bisa berkembang dan maju. Keyakinan ini diucapkannya saat menghadiri Kenduri Rakyat yang digelar dalam rangka tasyakuran kelahiran Kampung Mekar Jaya, Rantau, Minggu (18/12/22).

“Saya yakin dan percaya Kampung Mekar Jaya akan tumbuh, berkembang dan maju,” ucap Bupati Aceh Tamiang yang diamini seluruh tamu dan warga setempat.

Dikatakan Bupati Mursil, dirinya sangat bahagia menjadi bagian dari perjuangan kelahiran tiga kampung (desa –red) pemekaran baru di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Saya sangat bahagia. Penantian panjang masyarakat telah tercapai. Dan ini bukan karena saya semata, tapi karena masyarakat, camat, datok, dan pemerintahan sebelumnya juga sudah bersusah payah,” sebutnya.

Namun, Bupati Mursil menekankan, masih ada perjuangan berikutnya yang harus terus dilakukan usai kelahiran Kampung Mekar Jaya tersebut. karenanya, ia berharap, kekompakan, kolaborasi, sinergi yang telah ada hendaknya mampu menjadi motor kemajuan kampung yang bermuara pada kesejahteraan masyakaratnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Bupati Mursil menyampaikan permohonan maafnya kepada segenap masyarakat Aceh Tamiang atas kondisi sejumlah ruas jalan yang rusak. Diterangkannya, pemkab sangat memahami keluhan dan kebutuhan warga agar akses transportasi lancar tanpa gangguan. Namun, ia juga meminta pengertian warga atas kondisi yang ada.

“Mohon maaf, untuk saat ini juga masih banyak jalan-jalan rusak di kampung-kampung yang belum bisa diperbaiki karena cuaca. Sekarang pun masih musim hujan, jadi belum bisa kita kerjakan,” terangnya.

Dalam penutupnya, Bupati Mursil turut memohon pamit karena masa tugasnya sebagai Bupati Aceh Tamiang akan segera berakhir dalam dua pekan kedepan. Ia mengharapkan silaturahmi yang telah terjalin bisa tetap terjaga meski dirinya telah purna tugas nantinya.

Kelahiran Kampung Mekar Jaya, Kecamatan Rantau, merupakan muara dari perjuangan yang dimulai sejak 16 tahun silam. Terbitnya Surat Keputusan Kemendagri Nomor: 146/4993/BPD tentang Pemberian Kode Administrasi Desa di Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, memastikan Kampung Mekar Jaya bersama dua kampung lainnya, yakni Kampung Alur Mentawak, Kejuruan Muda, dan Kampung Sumber Makmur, Tenggulun, yang sebelumnya berstatus sebagai kampung persiapan menjadi kampung defenitif.

Selain makan bersama, dalam kegiatan kenduri rakyat juga turut digelar sejumlah agenda, di antaranya, Pelantunan Marhaban oleh Grup Maraban Kebun Ubi, tari-tarian persembahan Siswa/i SMP N4 Rantau, teatrikal yang dilakoni anak-anak TK Al-Falah, serta ceramah dan doa.

Bupati Mursil bersama Anggota DPRK, Sri Astuti, Kasat Pol PP & WH, Oki Kurnia (sebelumya menjabat Camat Rantau), Camat Rantau, Mukhtar Hadi, unsur Forkopimcam, serta sejumlah tokoh masyarakat juga menyerahkan piagam penghargaan kepada para panitia perumus pendirian kampung dan perwakilan keluarga panitia perumus yang telah berpulang, serta panitia pelaksana kenduri.

Kegiatan tampak diikuti oleh seluruh Datok Penghulu se-Kecamatan Rantau, Kepala Mukim, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat, para Tok Imam Kampung, para Kepala Dusun, dan seluruh warga Kampung Mekar Jaya.[Ar]