Aceh Tamiang : Mewakili Bupati Aceh Tamiang, Asisten Ekonomi dan Pembangunan dr. Catur Hariyati melepas Pawai Keliling Busana Muslim dalam rangka Peringatan 1 Muharram 1444 Hijriyah. Bertempat di Halaman Kantor Camat Manyak Payed, Rabu (03/08/22).

Sebelum melepas peserta pawai, dr. Catur dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan Pawai Keliling Busana Muslim ini selain sebagai bentuk perayaan 1 Muharram juga sebagai media penanaman pendidikan karakter, melalui peragaan busana muslim ini, dapat memberikan pembelajaran dan kecintaan anak-anak terhadap busana muslim.

“Harapan Kami melalui peringatan tahun baru Islam ini akan tercipta masyarakat serta generasi muda Islam yang tangguh, berakhlak mulia serta tunduk dan patuh pada ajaran islam. Itulah ciri generasi Islam yang cerdas, yaitu generasi yang dapat memanfaatkan momentum hari besar sebagai landasan pacu untuk menambah bekal akhirat,” ungkapnya.

Sebelum itu, dalam laporan Ketua Panitia Aipda Wagiman, SH mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat khususnya Dewan Guru di jajaran Kecamatan Manyak Payed atas partisipasinya.

“Dengan dukungan penuh dari semua pihak, maka selaku Forkopimcam Manyak Payed tentunya merasa didukung penuh sehingga kegiatan Peringatan 1 Muharram dapat terlaksana dengan lancar. Satu hal lagi, sumber dana kegiatan ini bersumber dari swadaya masing-masing,” ujarnya.

Selanjutnya, dijelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 26 sekolah dari masing-masing jenjang pendidikan. Dari tingkat SD diikuti oleh 14 Sekolah dan dari tingkat SMP diikuti oleh 6 Sekolah serta dari tingkat SMA diikuti oleh 6 Sekolah diseluruh Kecamatan Manyak Payed.

“Setiap Sekolah mengirimkan 30 orang peserta. Untuk pemenang tingkat SMP dan SMA dipilih juara 1 sampai 3 sedangkan untuk tingkat SD ada juara 1 sampai 3 dan juga juara harapan. Selanjutnya untuk juara 1 mendapatkan uang sebesar Rp. 800.000, juara 2 mendapatkan uang sebesar Rp. 600.000 dan juara 3 mendapatkan uang sebesar Rp. 500.000. Panitia juga menyiapkan sertifikat sebagai ucapan tanda terima kasih,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Syari’at Islam atau yang mewakili, Kepala Dinas Badan Dayah atau yang mewakili, Camat beserta segenap unsur Forkopimcam Manyak Payed, Para Kepala Mukim, Datok Penghulu, Ketua MDSK, Tok Imam Kampung, dan seluruh perangkat kampung dalam Wilayah Kecamatan Manyak Payed yang berhadir, Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Manyak Payed, tokoh agama, tokoh adat serta masyarakat.

Sejumlah kegiatan digelar guna menyemarakkan perayaan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 Hijriyah. Mulai dari pawai obor tepat pada malam Tahun Baru Islam kemarin hingga pawai ta'aruf yang digelar secara merata di tiap kecamatan.[Ar]

Back to top
Just a moment...

pastebin.com

Checking if the site connection is secure

pastebin.com needs to review the security of your connection before proceeding.