Aceh Tamiang – Humas: Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menyerahkan bantuan dari Dinas Koperasi dan UKM Aceh yang ditujukan kepada peserta pembekalan wirausaha bagi usaha mikro dan kecil strategis, di Aula Mess Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian, Senin (16/12/19) sekira pukul 09.00 WIB.

Sebelum menerima hadiah mesin dan peralatan kerja, para peserta pembekalan wirausaha bagi usaha usaha mikro kecil menengah, terlebih dahulu telah mengikuti pelatihan selama 6 (enam) hari, terhitung sejak 09 s.d. 14 Desember 2019. Di akhir kegiatan yang ditutup oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, M. Zein, mewakili Sekretaris Daerah, seraya menyerahkan secara simbolis hadiah dan peralatan kerja lainnya.

“Dinas Koperasi & UKM Aceh, bersama Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang beserta para pemangku kepentingan terkait melaksanakan program/kegiatan pengembangan usaha bagi wirausaha mikro. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan teknik produksi dan pengolahan, serta kemampuan menajemen usaha bagi wirausaha mikro/kecil,” ungkapnya mewakili Sekda di awal sambutannya.

Zein kemudian menyebutkan, pesatnya perkembangan usaha rakyat ini diharapkan juga dapat membuka banyak kesempatan kerja dan dengan demikian menumbuhkan perekonomian serta menekan angka pengangguran.

“Kami tentu berharap, ini dapat menurunkan pengangguran di Kabupaten Aceh Tamiang serta mendorong persentase peningkatan wirausahawan nasional yang mandiri dan tangguh,” tambahnya.

“Kepada para penerima bantuan, agar barang yang diterima tidak diperjual belikan kedepan dapat meningkatkan kesejahteraan, pendapatan keluarga serta mendapatkan pengetahuan/ilmu yang berguna sebagai upaya mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” timpalnya lagi.

Sebelumnya, Kepada Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang, Saflina Wati, mengatakan penyelenggaraan pelatihan yang telah berlangsung selama 6 hari tersebut, diikuti oleh 10 peserta dari 5 Kecamatan yaitu, Kecamatan Karang Baru 2 orang, Kecamatan Seruway 2 orang, Kecamatan Bendahara 2 orang, Kecamatan Kota Kualasimpang 2 orang, Kecamatan Kejuruan Muda 1 orang dan Kecamatan Banda Mulia 1 orang.

Adapun bantuan yang diterima dari Dinas Koperasi dan UKM Aceh berupa Mesin Jahit Lurus, Mesin Jahit Pinggir (Obras), dan Mesin Bordir dan masing-masing peserta menerima 3 jenis mesin.

Selain Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, turut hadir beberapa tamu undangan yang mewakili dinas terkait, para panitia perlaksana serta para peserta penerima bantuan. [ck]