Aceh Tamiang – Humas: Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST., menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91, Senin (28/10/19) di Tribun Halaman Upacara Kantor Bupati Aceh Tamiang sekira pukul 09.00 WIB. Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Wabup Insyafuddin yang membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga RI menjelaskan bahwa, Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa. Tetapi bagi pemuda menjadi keharusan, karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju, ucapnya, adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia” tegasnya.

Wabup mengungkapkan, semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia, dan ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia. “Akhirnya, saya ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda ke 91. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita,” tutupnya.

Meski cuaca hujan melanda, namun upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda berlangsung khidmat dan lancar. Upacara yang sedianya dilakukan di Lapangan Upacara Kantor Bupati, akhirnya dipindahkan ke Tribun karena kondisi lapangan yang tak memungkinkan.

Usai pelaksanaan upacara, KNPI bersama Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga, yang menjadi leading sector kegiatan, kemudian menyampaikan pengumuman pemenang lomba yang telah diselenggarakan sebagai rangkaian Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 Aceh Tamiang. Pada Turnamen Futsal antar Instansi, Dinas Lingkungan Hidup menjadi Juara 1, diikuti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Juara 2. Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga menempati urutan ke 3, Polres Aceh Tamiang di peringkat ke 4. Sedangkan Kodim 0117 mendapat gelar Juara Favorit.

Selanjutnya, pada Lomba Drama tingkat Remaja, MAN 2 Aceh Tamiang didaulat menjadi yang terbaik. Hasil ini diikuti oleh SMKN 2 Karang Baru dan SMKN 3 Karang Baru yang menempati posisi kedua dan ketiga. SMAN 2 Kejuruan Muda, mesti puas diurutan keempat, dan SMAN 1 Seruway menjadi Juara Favorit pada pementasan lapangan ini.

SMAN 1 Kejuruan Muda, menjadi yang terbaik pada lomba Penyelenggaraan Fardhu Kifayah. Pada lomba yang sama, SMKN 2 Karang Baru berhasil meraih Juara 2. Sementara, MAN 2 Aceh Tamiang yang mengirimkan 2 tim sekaligus, berhasil menempatkan tim tersebut sebagai Juara 3 dan Juara 4.

Kemudian pada Lomba Syarhil Quran, Juara 1 diraih oleh SMAN 2 Kejuruan Muda. SMAN 2 Percontohan Karang Baru meraih Juara 2, diikuti oleh SMAN 1 Kejuruan Muda sebagai Juara 3. Datang dari ujung barat Bumi Muda Sedia, MAS Tamiang Hulu, berhasil meraih Juara 4 pada lomba tersebut.

Pada Lomba Marhaban tingkat Remaja, Grup Marhaban Babul Khairat dari Kec. Karang Baru berhasil meraih Juara 1. Grup Rampai Tamiang dari Kec. Seruway menempati Juara 2. Selanjutnya, Grup Marhaban Permuda asal Kec. Kejuruan Muda berada di Juara 3. Dan terakhir, Grup Marhaban Raudhatul Jannah asal Kec. Bandar Pusaka menjadi Juara 4.

Lomba terakhir yang diselenggarakan tadi malam adalah Lomba Napak Tilas. SMAN 2 Percontohan Karang Baru, menjadi yang terbaik di ajang ini. Tim OSIS SMKN 2 Karang Baru berhasil meraih posisi sebagai Juara 2. Tim Napak Tilas Kodim 0117, kali ini mesti puas menjadi Juara 3. Pun demikian dengan Tim Napak Tilas batalyon Raider Khusus 111/KB yang menempati urutan ke 4. Sementara Tim Napak Tilas Paskibra SMKN 2 Karang Baru menjadi Juara Favorit sekaligus menggenapkan perolehan Juara SMKN 2 yang berhasil menempatkan dua wakilnya di ajang tersebut.

Pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 Aceh Tamiang tadi, tampak hadir segenap unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Tamiang; Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, Kasdim 0117 Mayor Inf. A. Ayani, Wakapolres Kompol M. Nuzir, Sekretaris Daerah, Basyaruddin, Ketua Mahkamah Syari’ah Aceh Tamiang M. Syauqi, Ketua TP-PKK Rita Syntia Mursil, Ketua DWP Arnis Basyaruddin, Ketua MPD Fahmizar, perwakilan Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Perwakilan Pengadilan Negeri Kualasimpang, perwakilan MPU dan Perwakilan MAA, para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala Perangkat Daerah dan Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua dan Pengurus KNPI, perwakilan OKP, Ormas, serta para peserta upacara, dan insan pers. [ck/zuw]