Aceh Tamiang: Sabtu, (18/6/22) Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn membuka acara Green Tamiang Trail Expedition (GT-Trex) ke-6 di lapangan upacara Kantor Bupati setempat.

Acara yang diprakarsasi oleh Komunitas Tamiang Nomad Trail (TNT) merupakan rangkaian acara dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke - 76.

Dalam pembukaannya, Bupati Mursil mengucapkan selamat datang kepada para peserta dari berbagai kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara.

“Even ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan Kabupaten Aceh Tamiang, khususnya di sektor pariwisata. Di samping itu pula even ini bagian rangkaian kegiatan memperingati HUT Bhayangkara Ke-76”, sampai Bupati Mursil.

Diterangkannya, Aceh Tamiang memiliki potensi wisata yang begitu apik dengan pesona alamnya, maupun wisata petualangan yang memicu adrenalin. Even ini diharapkannya membawa dampak signifikan bagi pemkab dan masyarakat sekitar dalam mengembangkan serta memajukan objek wisata yang ada, baik di dalam maupun di luar daerah.

“Kiranya even ini, dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dan pembangunan di bidang pariwisata, terlebih manfaat dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang ada di pedalaman terutama di lokasi wisata”, ujar Mursil.

Terlebih, Mursil mengatakan akan membangun komunikasi dengan NGO (IDH, PUPL, FKL) untuk membangun pariwisata dan lingkungan.

“Tren dunia sekarang menjaga lingkungan hidup, apa salahnya kita ikuti tren yang baik ini”, ujarnya mengakhiri yang disambut tepuk tangan.

Dedek Bukhari selaku Ketua Panitia pelaksana melaporkan kegiatan ini diikuti sebanyak 238 rider yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara dan Aceh. Ia menjelaskan kegiatan rutin ini bertujuan untuk memperkenalkan keindahan wisata alam yang ada di Aceh Tamiang.

“Ke depan, Kami para rider akan mencoba menembus jalur pesisir untuk mengeksplore keindahan alam pesisir Tamiang”, sampai Dedek.

Pelepasan para rider dilakukan oleh Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali selaku Ketua Umum TNT. Tampak berada di garis start terdepan Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi. Alfian Rachmad Purnamasidi dan Anggota DPRA Asrizal Asnawi.

Para rider akan menempuh jarak sejauh 85 km. Dimulai dari lapangan upacara kantor Bupati Aceh Tamiang kemudian masuk ke arah Perkebunan PT. PPP menuju ke dusun Alur Sali, keluar ke arah Lubuk Sidup - Alur Jambu - Pemandian air panas Kaloy - Alur Kering PT. MPLI - ke Simpang Tiga dan berakhir di Kp. Babo Kec. Bandar Pusaka.

Seluruh rangkaian pembukaan dan pelepasan rider juga turun dihadiri Danyon 111/KB, Letkol Inf. Agus Satrio Wibowo, Wakil Ketua DPRK, Fadhlon, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Muslizar dan seluruh peserta GT-Trex ke-6.

Sebagai bentuk penyemangat para rider, panitia telah menyediakan doorprise berupa sebuah unit sepeda motor. []