Aceh Tamiang: Peresmian 2 (dua) Unit Rumah Dhuafa yang dijemput langsung oleh Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn dari PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 1 untuk masyarakat Aceh Tamiang berlangsung haru dan bahagia. Pada selasa (08/06/21), Bupati Mursil bersama Rantau Field Manager Totok Parafianto menyerahkan secara simbolis kunci rumah bantuan tersebut kepada Ibu Musalamah Warga Kampung Bukit Panjang dan Bapak Abdul Hakim Warga Kampung Air Tenang Kecamatan Karang Baru.

Peresmian di dua tempat berbeda, memiliki kisah tersendiri. Ibu Musalamah dengan dua anak yang telah dewasa dan suami yang telah tiada. Raut wajahnya terlihat bahagia, senyumnya yang ranum menjawab keinginannya untuk memiliki rumah layak huni. Saat itu, Bupati Mursil bertanya kepada Musalamah tentang kegiatan 2 (dua) orang anaknya. Mendengar jawaban Musalamah, tentang seorang anak laki-lakinya, yang saat ini masih tinggal bersamanya berusia 20 tahun belum bekerja dan hanya tamatan Madrasah Tsanawiyah, Bupati Mursil memberikan dorongan kepada Musalamah, agar anaknya segera mendaftar untuk ikut pelatihan skill pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Tamiang.

"Anak Saya cuma tamatan SMP Pak," ucap Ibu Musalamah.

"Tidak masalah, selagi masih ada tangan dan kaki, Kita masih bisa berusaha," ungkap Mursil menyemangati.

Suguhan hidangan sederhana, melengkapi moment bahagia ditempat tersebut. Usai melakukan penyerahan di Kampung tersebut, penyerahan dan peresmian kedua dilanjutkan di Kampung Air Tenang.

Disana, Rumah Bantuan Dhuafa diberikan kepada sepasang suami istri yang menjadi guru ngaji di kampung tersebut.

"Ini berkat ikhlas mengajar ngaji, sehinga Allah memberikan rezeki rumah ini kepada Saudara Abdul Hakim," ungkap Bupati.

Kepada kedua penerima bantuan rumah, Bupati Mursil mengucapkan selamat, diharapkan olehnya, bantuan tersebut dapat membuat kehidupan mereka lebih layak dan sejahtera.

Usai dari 2 kegiatan tersebut, Bupati Mursil bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Ibu Kota Kabupaten, tepatnya sebelum Istana Karang. Disana Bupati Mursil bersama Pak Totok dan seluruh jajaran Pemkab dan Pertamina menghadiri acara Peresmian Rumah Kreatif Tamiang, Bengkel Difabel Program Skill Development Center dan Galeri Ajang Ambe.

Dalam arahannya pada kesempatan tersebut, Bupati Mursil memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak PT. Pertamina Rokan Hulu Zona 1 yang telah membuat program kerja terkait pengembangan pemberdayaan masyarakat pembangunan rumah dhuafa dan rumah kreatif tamiang.

"Program ini sangat membantu fakir miskin, untuk mendapatkan haknya guna meningkatkan kualitas tempat tinggal yang layak dan sehat, serta terhindar dari penyakit," ungkap Bupati.

"Inilah yang kita harapkan, adanya sinergitas BUMN, Kemenker dan Pemkab," sambungnya lagi.

Bupati Mursil berpesan kepada para Difabel, berikan servis terbaik kepada pelanggan, karena jika itu diberikan, maka yakinlah bengkel ini akan maju.

Mengakhiri kesempatan tersebut, Mursil mengucapkan terima kasih kepada PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 1 serta semua pihak yang telah berinisiasi untuk penyelenggaraan acara ini.

Sebelumnya Pak Totok dalam acara ini juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan kerjasama Pertamina bersama Pemkab, Disnaker, Dinsos dan Balai Kerja Aceh.Totok berharap kegiatan ini bisa terus dikembangkan dengan ide yang lebih menarik dan mampu menyerap aspirasi dari masyarakat.

Sejalan dengan itu juga, Rahmat Faisal, ST selaku Kepala Balai Kerja Aceh menyampaikan, teruslah kembangkan skill, ide, dan kreatifitas, sebab ungkapnya anggaran pelatihan ada di Balai kerja Aceh yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan dan memfasilitasi potensi-potensi tersebut.

"Harapan Saya, Semua nantinya yang ikut dalam progrm SDC bisa berwirausaha dan berdayaguna," ungkap Rahmat.

Puncak acara yakni, penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Bupati Mursil dan Rantau Field Manager Totok dilanjutkan dengan prosesi potong pita, yang menandakan telah resminya keberadaan Rumah Kreatif Tamiang dan unsur-unsur lainnya yang melengkapi.

Selanjutnya Bupati Mursil meninjau langsung kondisi Rumah Kreatif dengan suguhan unjuk demo dari teman-teman difabel seperti unjuk kebolehan doorsmeer dan perbengkelan.

Hadir dalam acara tersebut, Jajaran Kepala Dinas terkait seperti Kadis TENAGA kerja dan Transmigrasi, Kadis Sosial, Kadis PMPTSP, Kepala Balai Latihan Kerja Aceh, Camat Karang Baru, Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang, LSM Boemi, dan seluruh rekan Rumah Kreatif Tamiang.

Back to top
Just a moment...

pastebin.com

Checking if the site connection is secure

pastebin.com needs to review the security of your connection before proceeding.