Aceh Tamiang, Senin (23/11) Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH. MKn resmi membuka acara MTQ daring tingkat Tsanawiyah langsung dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Acara ini diikuti oleh 5 pesantren/dayah yang ada di Kab. Aceh Tamiang yaitu Dayah Sabilul 'Ulum Kec. Manyak Payed, Pesantren Manarul Islam Kec. Kejuruan Muda, Dayah Tahfizh Qur'an Syuhada Kec. Karang Baru, Pesantren Tahfizh Qur'an Al-Fuad Kec. Seruway, dan Pesantren Misbahur Rasyad Al Aziziyah Kec. Rantau.

Acara ini resmi dibuka pada pukul 10.30 WIB oleh Bupati Aceh Tamiang dan disaksikan oleh Wakil Bupati Kab. Aceh Tamiang, SKPK, Anggota DPR Kab. Aceh Tamiang, dan masyarakat melalui aplikasi youtube streaming. Dalam sambutannya, Mursil selaku Bupati Aceh Tamiang sangat mengapresiasi kegiatan MTQ daring ini. Beliau mengatakan, "Kami atas nama Pemerintah Kab. Aceh Tamiang dan selaku pimpinan daerah memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan menyambut baik atas terselenggaranya acara pembukaan MTQ daring ini tingkat Tsanawiyah Kab. Aceh Tamiang tahun 2020. Guna dapat melahirkan para Qari dan Qariah, Hafiz dan Hafizah terbaik serta para juara lain di cabang masing-masing". Dirinya juga mengatakan bahwa acara ini merupakan MTQ pertama yang dilakukan secara daring di Kab. Aceh Tamiang dan Provinsi Aceh.

Acara ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari kedepan. Adapun ketegori yang diperlombakan ialah Hifzil Qur’an 5 (lima) Juz Putra/i, Tilawatil Qur'an dan Pidato Putra. Di hari pertama perlombaan, acara sempat terhenti sejenak dikarenakan terputus dengan koneksi internet. Meskipun demikian acara tetap berjalan lancar dan dipenuhi semangat serta antusias dari para peserta lomba MTQ daring.

MTQ daring tingkat Tsanawiyah merupakan acara MTQ pertama yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom oleh pemerintah Kab. Aceh Tamiang. Kegiatan ini merupakan bentuk semangat dari pemerintah Kab. Aceh Tamiang dalam menyiarkan syariat islam dan membentuk karakter putra/putri Tamiang yang cinta terhadap Al-Quran.