Aceh Tamiang : Senin (16/11/20) Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Bumi Muda Sedia terus meningkat, terbukti dalam periode awal hingga pertengahan November angka kesembuhan menunjukkan tren membaik. Merujuk pada Perkembangan Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang dari awal November sampai saat ini, sebanyak 68 (enam puluh delapan) orang dinyatakan sembuh dan selesai menjalankan isolasi mandiri sementara kasus penambahan terkonfirmasi positif sebanyak 48 (empat puluh delapan) orang.

Angka kesembuhan tersebut memberikan optimisme tinggi bagi masyarakat dalam masa pandemi Covid-19. Keseriusan Pemerintah dalam menangani dan mencegah Covid-19 pun bisa dilihat dari gencarnya upaya-upaya yang dilakukan, mulai dari perawatan dan penanganan yang dilakukan jajaran Dokter dan Para medis yang bertugas di RSUD ataupun Puskesmas, pengetatan penjagaan pos perbatasan, operasi yustisi, sosialisasi serta edukasi tentang Covid-19 dan yang paling esensi Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2020 tentang Peningkatan Penanganan Corona Virus Disease 2019.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, setidaknya ungkapan tersebut mampu membuat energi positif bagi diri sendiri. Mengobati memang penting, namun mencegah lebih baik. Dengan melakukan cara 3M (memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan) dan meningkatkan imunitas tubuh, artinya sebagai warga, masyarakat dan bangsa, kita telah melakukan upaya menurunkan jumlah virus yang tak kasat mata ini.

Yang perlu diingat, meskipun tingkat kesembuhan semakin meningkat, masyarakat harus tetap waspada. Jangan karena kondisi ini, kesadaran dalam patuhi Protokol Kesehatan menjadi menurun dan diperparah dengan sikap acuh tak acuh.

“Jangan bahagia dan merasa bebas dengan predikat zona orange dan angka kesembuhan yang tinggi, Covid-19 masih bergentayangan di Aceh Tamiang, semua berpotensi tertular dan menularkan”, demikian disampaikan Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang yang juga selaku Ketua Bidang Data dan Informasi Agusliayana Devita, S.STP, M. Si kepada Tim Informasi Humas.

Devi juga menyampaikan, bahwa hari berdasarkan informasi yang diperoleh dari Tim Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan dan RSUD Aceh Tamiang sebanyak 15 (lima belas) orang selesai menjalankan isolasi mandiri, sementara penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 3 (tiga) orang.

Berdasarkan data yang diperoleh, Devi merincikan Perkembangan data terbaru jumlah masyarakat Aceh Tamiang terkonfirmasi positif Covid-19 sebagai berikut : Suspek atau yang dulunya disebut Orang Dalam Pemantauan (ODP) nihil, Probable atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat nihil , Probable meninggal 2 (dua) orang , total warga Aceh Tamiang yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 322 (tiga ratus dua puluh dua) orang dengan rincian 267 (dua ratus enam puluh tujuh) orang sembuh dan 43 (empat puluh tiga) orang masih terkonfirmasi positif Covid-19, sementara 12 (dua belas) orang lainnya meninggal.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terus menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang untuk selalu menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan meningkatkan imunitas tubuh.