Aceh Tamiang – Humas: Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tamiang Hulu. Ini dalam rangka inspeksi pada dua kecamatan yakni Kecamatan Tamiang hulu dan Kecamatan Bandar Pusaka, Kamis (6/2/20). Acara dipusatkan di Halaman Kantor Kecamatan Tamiang Hulu dan dihadiri oleh seluruh Datok Penghulu dan Sekretaris Desa Kampung dalam dua kecamatan tersebut. Dalam pada ini Bupati Mursil mengajak beberapa Kepala SKPK di lingkungan Pemkab Aceh Tamiang.

Dalam arahannya, Bupati mengatakan kunjungan ini dilakukan untuk bisa secara langsung mendengar keluhan dan permasalahan yang ada di kampung-kampung. Bupati dengan senyum terkembang menyebutkan pertemua ini sangat istimewa baginya, karena ia secara langsung bisa bertemu para perangkat kampung di dua kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gayo Lues itu.

Disampaikan, Kabupaten Aceh Tamiang termasuk kabupaten tercepat dalam mencairkan Dana Desa. Total 9 kampung yang sudah menyiapkan berkas-berkas kelengkapannya. Saat ini, sebut Mursil, pencairan Dana Desa langsung dipantau oleh Plt. Gubernur Aceh. Bupati Mursil meminta perangkat kampung di dua kecamatan ini untuk segera memasukkan berkas-berkas yang dibutuhkan agar pencairan Dana Desa bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Tahun ini, Dana Desa difokuskan pada pemberdayaan masyarakat, dan pengentasan kemiskinan. Jangan lagi digunakan untuk pembuatan gapura dan parit beton,” demikian ungkapnya.

“Ada 40% lebih kurang pencairan Dana Desa tahap 1. Jika ini cepat dicairkan , maka percepatan perputaran uang di kampung lebih cepat. Geliat ekonomi warga kampung bisa lebih terasa pergerakannya,” timpalnya lagi.

Banyak permasalahan-permasalahan di kampung yang dilaporkan kepada Bupati. Sebab pada forum tersebut, Mursil memberikan kesempatan kepada seluruh perangkat kampung untuk menyampaikan apa-apa yang menjadi permasalahan yang mesti diberikan solusi atau diselesaikan. Ini lah alasan kenapa ia, membawa seluruh kepala SKPK untuk menjawab pertanyaaan masyarakat terkait.

Dalam pertemuan yang berlangsung santai tersebut, para aparatur kampung tampak puas karna mendapatkan jawaban dan solusi dari pertanyaaan yang mereka lontarkan. Butir pentingnya, Bupati Mursil meminta kepada seluruh Perangkat kampung untuk bersinergi.

“Mari bersinergi bersama dalam membangun Kabupaten Aceh Tamiang dari segala sektor,” pungkas Bupati. [des]