Aceh Tamiang – Humas : Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Tamiang mengadakan Rapat Penentuan Design Baju Motif Khas Tamiang yang bertempat di Pendopo Bupati Aceh Tamiang, Jum’at (07/02/20).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Dekranasda Aceh Tamiang Rita Syntia, ST, MM, dan dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita, unsur MAA Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala Bagian Humas Setdakab Aceh Tamiang, Guru SMK 3 Karang Baru jurusan tata busana serta Perwakilan Pengrajin.

Dalam kesempatan ini, Ryta Sytia selaku Ketua Dekranasda Aceh Tamiang menyampaikan bahwa rapat ini bertujuan dalam rangka pembuatan design baju khas Tamiang.

Untuk itu, Ryta meminta bantuan guru-guru dari SMK 3 Karang Baru untuk mendesign baju khas Tamiang tersebut yang akan menjadi kebanggaan dan ciri khas dari Kabupaten Aceh Tamiang dan dapat digunakan pada kesempatan-kesempatan tertentu.

Sebagai informasi, Ryta juga mengatakan bahwa pakaian khas Tamiang nantinya akan Launching dan dipakai saat Peringatan HUT Aceh Tamiang ke 18 tanggal 10 April mendatang dan diputuskan akan digunakan setiap hari Jum’at bagi para pejabat dan seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang

Selanjutnya, M. Juned selaku perwakilan dari Majelis Adat Aceh (MAA) mengatakan bahwa warna seragam yang akan dipakai nantinya adalah hijau pucuk pisang. Sedangkan motif khas yang menjadi pilihan yaitu tampok manggis yang mempunyai makna kejujuran. Disepakati bahwa untuk perempuan akan menggunakan pakaian kurung melayu dan untuk laki-laki akan menggunakan teluk belanga kecak musang. [dv/ck)