Aceh Tamiang – Humas: Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn kembali melakukan kunjungan kerja dalam rangka Inspeksi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2020. Kunjungan kali ini bertempat di Gedung SPNF SKB Karang Baru dengan mengundang para Datok dari Kecamatan Karang Baru dan Kecamatan Sekerak, kegiatan berlangsung sekira pukul 09.15 WIB, Jum’at (07/02/20).

Bupati Mursil mengatakan kegiatan ini diselenggarakan guna menampung aspirasi masyarakat secara langsung. Pada pertemuan ini, Mursil juga mengajak para Datok Penghulu untuk meningkatkan perekonomian rakyat, mendongkrak wisata yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Peran Datok Penghulu sangatlah penting. Salah satu kemajuan di Aceh Tamiang yaitu berkat dukungan dan kerjasama antara Pemerintah Kampung dengan Pemerintah Daerah,” tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati juga mengintruksikan kepada para Datok Penghulu agar penggunaan Dana Desa terarah dan tepat sasaran serta bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan dan Program pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi dapat ditingkatkan melalui optimasi BUMDes, agar masyarakat lebih berdaya, mandiri, serta dapat meminimalisir tingkat pengangguran.

Adapun upaya Pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan, dijelaskan Mursil, Pemerintah Daerah bekerjasama dengan BPS Aceh Tamiang untuk melakukan pendataan ulang terkait jumlah masyarakat yang kurang mampu. Nantinya penyaluran bantuan dapat tepat sasaran, dan diminta kepada para Datok Penghulu untuk selektif dalam mengeluarkan surat miskin.

Selanjutnya Mursil juga mengingatkan kepada Kecamatan Sekerak bahwa baru 1 Kampung yang sudah mengajukan dana ADD tahap I, masih 13 Kampung lagi yang belum mengajukan pencairan. Sedangkan untuk Kecamatan Karang Baru dari 31 Kampung, 22 Kampung telah mengajukan pencairan dan masih ada 9 Kampung lagi yang belum. Diharapkan segera memasukkan berkas-berkas yang dibutuhkan agar pencairan Dana Desa bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Kegiatan tersebut juga diselingi dengan tanya jawab yang membuat para Datok Penghulu merasa puas dikarenakan permasalahan yang sedang dihadapi mendapat jawaban langsung dari pihak yang berwenang, dan berharap segala permasalahan yang ada dapat diselesaikan sesegera mungkin. Untuk itu, Bupati mengatakan segala usulan dapat diusulkan melalui Camat, agar dapat direalisasikan pada tahun depan.

Oleh karenanya, Bupati sangat mengapresiasi dan pertemuan ini sangat bermakna bagi kemajuan pembangunan di Aceh Tamiang. Bupati berharap informasi pertama dari Datok Penghulu guna mendapatkan informasi baik program serta saran-saran yang berguna bagi kemajuan kampung.

Disamping itu, Wakil Bupati, Tengku Insyafuddin, ST, meminta segenap Datok Penghulu di dua kecamatan ini ikut andil mensukseskan Program Maghrib Mengaji. Ia menyebutkan, pembangunan manusia tidak bisa terlepas dari program yang berbasis keagamaan.

“Mari sama-sama kita tingkatkan iman dan taqwa agar mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT, dengan kebersamaan kita serta dibarengi dengan niat dan tujuan yang baik maka Aceh Tamiang kedepan akan maju,” ajak Wabup. [th/ck]