Aceh Tamiang – Humas: Senin (30/12/19), Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pangan, Perikanan dan Kelautan memberikan bantuan berupa alat tangkap dan perahu motor kepada para nelayan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap. Bantuan diserahkan pada Rabu (25/12/19) lalu di Kampung Muka Sei Kuruk, Kecamatan Seruway. Bantuan ini diserahkan kepada nelayan KUB yang tersebar di 4 Kecamatan pesisir yaitu Kecamatan Seruway, Bendahara, Banda Mulia dan Manyak Payed.

Wakil Bupati, Tengku Insyafuddin, ST yang hadir, pada arahannya mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah agar kesejahteraan para nelayan kedepannya menjadi lebih baik.

“Penyerahan bantuan ini juga merupakan bagian dari visi dan misi pembangunan daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan serta keluarganya, terutama meningkatkan perekonomian kerakyatan,” demikian terangnya.

Wabup menambahkan, para nelayan mesti memanfaatkan Kelompok Usaha Bersama (KUB) sebaik mungkin. Karena KUB idealnya dapat menjadi wadah para nelayan dapat berkumpul untuk membahas masalah yang ada, dan perencanaan kedepan. Dengan demikian, KUB ini dapat berfungsi sebagaimana tujuan dibentuknya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Insyafuddin mengajak para anggota KUB penerima bantuan untuk senantiasa bersyukur kepada Allah. Ini karena, bantuan yang diterima adalah salah satu bentuk rezeki yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kepada Kelompok Usaha Bersama yang menerima bantuan, mari kita senantiasa bersyukur. Selaku hamba Allah, semua kita sepatutnya selalu bersyukur kepadaNya,” sebut Wabup

Wabup kemudian mengingatkan, bentuk lain kesyukuran hamba kepada Tuhannya, ialah dengan selalu bersujud, menegakkan shalat, di mana pun berada.

“Sekalipun berada di tengah lautan, jangan pernah tinggalkan shalat. Jika kita selalu bersyukur, niscaya Allah akan senantiasa memberikan rezeki kepada hamba-Nya, bukan hanya melalui hasil tangkapan yang didapat para nelayan, tetapi juga Allah akan meluaskan rezeki dari segala arah,” nasihat Wabup kepada para nelayan.

Sebelumnya, Kepala Dinas PKP, Safuan, mengatakan, kepada KUB penerima bantuan supaya dapat menjaga dan merawat bantuan yang telah diterima hari ini sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang apabila terawat dengan baik.

“Teruslah semangat dan berusaha untuk memberikan peluang serta membuat program kerja kedepannya demi kesejahteraan para nelayan di Bumi Muda Sedia ini,” ujarnya.

Adapun bantuan yang disalurkan Pemkab kepada para nelayan KUB adalah alat tangkap ramah lingkungan, yaitu Gillinet/Jaring, bubu, pancing, kotak fiber dan 1 unit jaring siakap. Selain itu, diberikan juga Perahu Motor ukuran 14 Kaki sebanyak 1 unit. Kemudian, perahu motor ukuran 16 kaki sebanyak 15 unit, perahu motor ukuran 20 kaki sebanyak 3 unit. Selanjutnya, perahu motor ukuran 22 kaki sebanyak 5 unit, perahu motor ukuran 23 kaki sebanyak 5 unit, serta perahu motor ukuran 24 kaki sebanyak 4 unit. [ck]