Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST, saat kegiatan Hari Kunjungan Perpustakaan di Halaman Gedung Perpustakaan dan Kearsipan, Rabu (27/11/2019). [dok. Humas 2019]

 

Aceh Tamiang – Humas: Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Setdakab Aceh Tamiang melaksanakan kegiatan Hari Kunjungan Perpustakaan di Halaman Gedung Perpustakaan dan Kearsipan. Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST, Rabu (27/11/19) sekira pukul 08.30 WIB.

Dalam arahannya, Wabup Insyafuddin menjelaskan, pada era globalisasi saat ini yang diimbangi dengan pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, memberikan dampak signifikan pada beberapa bidang, termasuk dunia pendidikan. Dalam konteks upaya mencerdaskan generasi melalui budaya literasi dan bahan bacaan, perpustakaan mempunyai peran penting dalam upaya mewujudkan sumberdaya manusia unggul berkualitas mandiri dan mampu bersaing.

“Seperti kita ketahui bersama budaya membaca masyarakat, terutama di kalangan generasi muda perlahan-lahan mulai memudar. Kondisi ini tentunya menjadi tantangan bagi kita semua untuk membuat terobosan dan inovasi terbaik untuk menumbuhkan minat dan budaya baca,” jelasnya.

“Bagian Perpustakaan dan Kearsipan seharusnya dapat membuat inovasi dengan membuat tampilan perpustakaan semakin menarik, misalnya merubah warna gedung dengan warna-warna yang cerah, lengkapi fasilitas seperti ruang baca, ruang pertemuan, dan membuat metode-metode yang memudahkan pengunjung untuk memilih buku dan mengetahui buku apa saja yang banyak digemari. Jika dibuat semenarik mungkin, maka besar kemungkinan akan dapat meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat terutama siswa dan siswi,” tambahnya lagi.

Pada penutupnya, Wabup mengharapkan kedepan, peran dan fungsi perpustakaan dapat dioptimasi, mengingat perannya cukup besar dalam mendorong peningkatan kecerdasan masyarakat.

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama, Laila Hidayati, selaku Kepala Bagian Perpustakaan dan Kearsipan menjelaskan, kegiatan hari Kunjung Perpustakaan merupakan suatu kegiatan untuk mewujudkan masyarakat Aceh Tamiang agar gemar membaca. Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari yakni mulai 27 s/d 28 November 2019.

Untuk memeriahkan Hari Kunjungan Perpustakaan ini, Bagian Perpustakaan dan Arsip menggelar Temu Teknis Perpustakaan para pengelola perpustakaan dan berbagai lomba, yang diikuti oleh pelajar setingkat SD, SMP dan SLTA. Adapun jenis lomba yang akan diperlombakan yaitu lomba puisi yang diikuti oleh 32 peserta untuk tingat SD sederajat, lomba pidato Bahasa Inggris yang diikuti oleh 15 peserta tingkat SMP sederajat, lomba debat yang diikuti oleh 18 peserta tingkat SMA sederajat dan lomba komedi tunggal (stand up comedy) yang diikuti oleh 15 peserta tingkat SLTA sederajat.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang, mewakili Kepala MPD Kabupaten Aceh Tamiang, Dewan Juri, Guru Pendamping dari masing-masing sekolah serta siswa-siswi para peserta lomba. [ck/zuw]