Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Basyaruddin, SH., bersama Kepala Dinas Kesehatan dr. Catur haryati, Direktur RSUD, dr. Tengku Dedy Syah, dan para Datok Penghulu penerima penghargaan Kampung bebas BAB sembarangan pada puncak peringatan HKN ke 55, Selasa (19/11/2019), di Lapangan Upacara Kantor Bupati Aceh Tamiang. [dok. Humas 2019]  

 

Aceh Tamiang – Humas: Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang Melalui Dinas Kesehatan menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Aceh Tamiang, pada Selasa (19/11/19) dengan mengambil tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. Upacara dimulai sekira pukul 09.30 WIB, peserta upacara dari tenaga medis, paramedis serta aparatur penunjang medis di Lingkungan Kabupaten Aceh Tamiang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Basyaruddin, SH membacakan amanat Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, mengatakan pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir kian dirasa manfaatnya oleh masyarakat luas. Hal ini ditandai dengan peningkatan indeks pembangunan manusia indonesia setiap tahunnya, yang mana salah satu parameter yang diukur adalah usia harapan hidup.

“Permasalahan yang masih ada, yang tengah kita hadapi yakni masalah stunting, JKN serta penyediaan pelayanan kesehatan dasar dan Penyediaan obat dan alat kesehatan produk lokal yang murah dan berkualitas, termasuk kesulitan yang juga tengah dihadapi”, sebut Sekda dalam membacakan amanat Menkes.

Diakhir amanatnya, Sekda mengajak untuk bersama-sama menitikberatkan pembangunan generasi sehat untuk memajukan bangsa. Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda Aceh Tamiang, para Kepala SKPK, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Catur Haryati, Direktur RSUD, dr. Tengku Dedy Syah, seluruh jajaran Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah, dan tenaga medis di lingkungan Pemkab Aceh Tamiang.

Usai upacara, panitia pelaksana kemudian mengumumkan pemberian penghargaan untuk beberapa kategori, di antaranya dokter teladan, dokter spesialis teladan, perawat, bidan, petugas penunjang medis, hingga satpam dan petugas kebersihan RS teladan, serta lomba bayi sehat dan kampung bebas buang air besar sembarangan. [des]