Aceh Tamiang – Humas: Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Basyaruddin, SH., membuka Seleksi Duta Pelajar Kamtibmas Tingkat SMA/SMK Kabupaten Aceh Tamiang. Seleksi duta diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Tamiang, yang diikuti oleh 23 SMA dan 4 SMK yang digelar di Aula Polres setempat, Selasa (29/10/19) sekira pukul 08.30 WIB.

Sekda Basyaruddin pada sambutannya mengatakan, kegiatan ini bagian ajang kampanye bagi para pelajar untuk menjadi pelopor keselamatan dalam berkendaraan, dan mengubah paradigma pelajar yang selama ini banyak mengabaikan faktor keselamatan berkendara.

“Saya yakin, apabila para pelajar tingkat SMA/SMK tertib dan taat dalam berkendara, insyaallah angka kecelakan di jalan raya akan berkurang” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Tamiang, Bakhtiar, selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu agar tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat yang merupakan suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum.

Bakhtiar menjelaskan, para peserta terdiri dari pelajar SMA/SMK sebanyak 52 orang terdiri dari 23 SMA dan 4 SMK. Ditambahkannya, hasil akhirnya nanti ialah terpilihnya sepasang peserta Duta Pelajar Kamtibmas tingkat SMA/SMK Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2019. Duta terpilih, selain bertugas mengampanyekan keselamatan berkendara, juga akan bersaing ke tingkat Aceh pada kegiatan yang sama.

Sebelumnya, Kasat Binmas Polres Aceh Tamiang, Iptu P. Siregar, mengatakan bahwa seleksi duta pelajar Kamtibmas sangat bermanfaat untuk membangun karakter. ia mengatakan, masih banyak pelajar yang tidak memakai atribut lengkap dan ugal-ugalan dalam berkendara. Diharapkannya, Duta Pelajar Kamtibmas dapat menjadi teladan bagi pelajar dan juga masyarakat lainnya agar berkendara sesuai dengan aturan. [nir/ck]