Aceh Tamiang – Humas: Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 47 Tahun 2019, digelar di Tribun Halaman Upacara Kantor Bupati Aceh Tamiang, Kamis (31/10/19). Peringatan HKG PKK ke-47 Tingkat Nasional kali ini mengusung tema “Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras dengan Program Pemerintah”. Tema tersebut mengandung makna bahwa Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan program Pemerintah.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST., sekira pukul 10.00 WIB, dihadiri oleh Ketua DPRK, Suprianto, para Kepala SKPK dalam Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua TP-PKK Aceh Tamiang, Rita Syntia, para Camat beserta Ketua TP-PKK Kecamatan, Ketua Dekranasda dan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Aceh Timur, Ketua TP-PKK, Ketua Dekranasda dan Ketua Dharma Wanita Kota Langsa, Ketua DWP Aceh Tamiang, Ibu Persit 0117/ATAM, Ketua TP-PKK Se-Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang serta seluruh Organisasi Wanita dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Kegiatan dimulai dengan persembahan tarian Sekapur Sirih, dilanjutkan dengan pembacaan ayat Suci Al-Qur’an, lagu indonesia raya serta Mars PKK.

Dalam Laporan Ketua Pelaksana Kegiatan, Muttaqin Abdul Lukman, menjelaskan bahwa Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-47 ini dimeriahkan juga dengan berbagai lomba yang telah diselenggarakan seperti Bakti Sosial dengan memberikan bantuan sembako, Tertib Administrasi PKK Kampung di 12 Kecamatan dalam Kabuapten Aceh Tamiang, Pola Asuh Anak dan Remaja, UP2K PKK, Hatinya PKK dan pemanfaatan lahan pekarangan PKK Kampung, Iva Test dan Asman Toga PKK Kampung.

Selain itu, arahan dari Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang Rita Syntia, ST., MM., menjelaskan bahwa TP-PKK Kabupaten telah melakukan berbagai upaya dilakukan dimana, kami sebagai mitra dari pemerintah sudah bekerjasama dengan baik karena program PKK bergerak dan mengacu pada hasil Rakernas ke VIII priode 2015-2020 berupaya untuk terwujudnya kehidupan Keluarga, lebih maju, mandiri, bahagia sehat dan sejahtera dengan saling asih, asah dan asuh serta mendorong peningkatan sosial ekonomi keluarganya.

“Oleh karenanya melalui Peringatan Puncak HKG PKK ke-47 ini kami mengajak seluruh komponen masyarakat Aceh Tamiang untuk bersatu padu, bekerja keras dalam membantu Pemerintah membangun Aceh Tamiang yang bermental dan bermutu,” terangnya.

Selaku Ketua TP-PKK Kabupaten, Rita mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Bupati selaku Ketua Dewan Pembina, DPRK Aceh Tamiang, para Kepala SKPK, seluruh Ketua Dewan Pembina Kecamatan Organisasi Kemasyarakatan, Mitra Kerja, dan khusus kepada seluruh Pengurus TP-PKK secara berjenjang yang telah membantu dan bekerja sama dalam pelaksanaan program-program PKK.

Selanjutnya Wakil Bupati Aceh Tamiang dalam arahannya menyampaikan bahwa HKG PKK merupakan salah satu momentum yang memiliki arti strategis dalam pelaksanaan program PKK, utamanya dalam mendukung pelaksanaan kebijakan Pemerintah Pusat maupun Daerah.

“Harapan kami, dengan Peringatan HKG PKK ke-47 ini, gerakan PKK harus terus merajut dan merangkai potensi daerah yang ada secara efektif dan integratif melalui program yang dimiliki khususnya yang bersifat membangun dan meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan keluarga. Dengan demikian, akan tercipta keterikatan dan sinergitas yang kuat antara PKK dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang,” harap Wabup. [ck]