Aceh Tamiang - Humas: Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Basyaruddin, SH., membuka Finus Horseback Tournament 2 Dandim Cup Archery Competition yang diberlangsung di Lapangan Belakang Kantor DPRK Aceh Tamiang, Sabtu (28/09/19) sekira pukul 08.30 WIB.

Sekda, dalam amanat Bupati Aceh Tamiang yang dibacakannya, mengatakan, kompetisi seperti ini dapat melahirkan bibit atlet olahraga memanah yang terlatih dan tangguh di Bumi Muda Sedia, yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Aceh Tamiang nantinya.

"Kepada Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan KONI Kabupaten Aceh Tamiang, saya minta dapat memberi perhatian cabang olahraga memanah di Kabupaten Aceh Tamiang," ungkapnya.

Ketua Perdana (Persatuan Berkuda dan Memanah) Aceh, Yunus, pada laporannya mengatakan, kompetisi rencananya akan digelar setiap tahun. Ia mennerangkan, kompetisi memperebutkan hadiah utama berupa busur laminasi asli Korea serta hadiah hiburan dan uang pembinaan puluhan juta rupiah.

Ada 4 (empat) kelas yang diperlombakan pada kompetisi memanah yang diadakan untuk tahun ini yaitu kelas ikhwan (laki-laki) umum (jarak 20 m, 30 m dan 40 m). Selanjutnya kelas akhwat (perempuan) umum (jarak 20 m dan 30 m, kelas anak ikhwan/putra (jarak 10 m) dan kelas anak akhwat/putri (jarak 7m).

Selanjutnya, khusus untuk peserta ikhwan umum yang berhasil masuk dalam 16 besar akan dipertandingkan kembali pada kelas Dynamic Style.

Dijelaskan, jumlah peserta yang mengikuti kompetisi ini dengan cara mendaftar secara online sebanyak 118 orang yang berasal dari Aceh dan Sumatra Utara.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0117/Aceh Tamiang, Letkol Inf. Deki Rayusyah Putra, berharap dengan adanya turnamen mampu meningkatkan sportifitas dalam olahraga dan bisa memperkuat jalinan silaturahmi antar pemanah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari Ketua Perdana Aceh kepada Dandim 0117/Aceh Tamiang.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua DPRK, Suprianto, Wakil Ketua, Fadlon, Kepala Dinas Pertanian, Ketua PERDANA Aceh, Ketua PORDASI Aceh Tamiang, Ketua Dharma Wanita Aceh Tamiang, Ketua Persit Kartika Chandra Kodim 0117/ATAM dan Kapolsek Karang Baru. [is/ck]