Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin melakukan penanaman perdana bibit kelapa sawit, Selasa (06/08/2019) di Kp. Jambo Rambong Kec. Bandar Pusaka. Penanaman perdana ini menandai diresmikannya Program Peremajaan (Kelapa) Sawit Rakyat yang didanai BPDPKS di Kabupaten Aceh Tamiang. (dok. Humas 2019) 

 

Aceh Tamiang – Humas: Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST., secara resmi meluncurkan Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat. Peluncuran program ini dilakukan bersama Ketua DPRK Fadlon, perwakilan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Leri Ferdian, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh A. Hanan, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang M. Yunus. Kegiatan berlangsung dalam acara bertajuk Penanaman Perdana Kelapa Sawit Kegiatan Peremajaan Sawit Rakyat Tahun 2019, di kampung Jambo Rambong Kecamatan Bandar Pusaka, Selasa (06/08/19) sekira pukul 15.00 WIB.

Dalam arahannya, Wabup Insyafuddin mengatakan Pemerintah Daerah memiliki tugas berat untuk melaksanakan program ini, karena ini menjadi modal bagi petani kelapa sawit untuk bisa mandiri dan sejahtera. “Acara ini dilaksanakan untuk memberikan informasi kepada publik bahwa program penanaman kembali (replanting) sudah dimulai”, ungkapnya.

Wabup juga menginformasikan bahwa Tahun 2019 data rekomendasi teknis yang telah keluar adalah seluas 261 ha untuk Koperasi Usaha Bersama. Dikatakannya, data keseluruhan Pengerjaan yang telah selesai yaitu 320 ha terdiri dari 2 (dua) koperasi yaitu Koperasi Wassalam dan Koperasi Usaha Bersama. Wabup menambahkan, nantinya pengetahuan, keterampilan, dan sikap (PKS) petani kelapa sawit dapat meningkat, khususnya pada praktik budidaya kelapa sawit sehingga berdampak positif bagi ekonomi petani sawit.

Sebelumnya, Kadis Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Yunus dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan peremajaan kelapa sawit rakyat ini merupakan bagian untuk menjaga komoditas sawit sebagai komoditas strategis nasional agar tetap berkelanjutan. Dijelaskan oleh Yunus besaran lahan tanaman kelapa sawit rakyat yang perlu diremajakan melalui program replanting pada tahun ini sejumlah 21.155 Ha. Data ini terangnya berdasarkan dari data Statistik.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRK Aceh Tamiang Fadlon, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh A. Hanan, Kepala Balai Besar Pembenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan, perwakilan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit Sigit Wahyudi, Kasubdit Tanaman Kelapa Sawit Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, perwakilan unsur Forkopimda, para Kepala SKPK dan Camat, dan para Kepala Cabang Bank BUMD dan BUMN, serta tamu undangan lainnya. [des]