Aceh Tamiang – Humas : Bupati Aceh Tamiang menghadiri kegiatan Silaturahmi Akbar dan Halal Bi Halal “Tamiang Serumpun” Masyarakat Aceh Tamiang se-Jabodetabek dan Sekitarnya bersama Bapak Bupati Kabupaten Aceh Tamiang dengan mengangkat tema "sucikan hati kuatkan silaturrahmi".

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Persatuan Tamiang Serumpun pada Minggu (04/08/19) berlangsung di Gedung Gatot Subroto Mapuspomad Jakarta Pusat. Turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Basyaruddin, SH, Kepala Dinas Pertanian Aceh Tamiang, Kepala Dinas Syari’at Islam Aceh Tamiang, Kepala RSUD Aceh Tamiang, Kepala Bagian Humas Agusliayana Devita, Tokoh Tamiang Ir. Rusman, T. Hayatul Kamal, Ketua Tamiang Serumpun Mayjen Purn. Sulaiman AB, Ketua Panitia Sugianto, Para tokoh/sesepuh masyarakat Aceh Tamiang se-jabodetabek, serta Para masyarakat Aceh Tamiang yang berdomisili di Jabodetabek lebih kurang sekitar 200 orang.


Sugianto selaku Ketua Panitia menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun dengan sumber dana dari para tokoh masyarakat dengan menghadirkan masyarakat Aceh Tamiang yang ada se-Jabodetabek.

Dijelaskan oleh Ketua Tamiang Serumpun Mayjen purn. Sulaiman AB, tujuan dari acara ini adalah untuk mempererat silaturahmi antara masyarakat Aceh Tamiang dimanapun berada bersama Bupati Aceh Tamiang. Dengan adanya kegiatan silaturahmi ini maka masyarakat yang ada diluar Tamiang dapat mengetahui perkembangan di Kabupaten Aceh Tamiang serta dapat bertukar pengalaman masing-masing.

“Kegiatan halal bil halal ini merupakan agenda rutin yang kita adakan, intinya adalah untuk silaturahmi atau menyambung kasih sayang diantara kita, dengan bersilaturahim kita saling menyapa, saling mengenal, dan saling maaf-memaafkan diantara kita, serta dengan silaturahmi itu kita dapat manfaat yang banyak,” ungkap sulaiman.

Pentingnya silaturahmi, Lanjut sulaiman, menjelaskan orang yang suka mengunjungi sanak saudaranya serta menjalin silaturahmi akan dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya. Sebagaimana hadist Rasullullah SAW yang berbunyi
“Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”

Senada dengan hal tersebut Bupati Aceh Tamiang juga mengatakan kegiatan ini sangat berguna dan bermanfaat guna mempererat tali silaturahmi. Beliau juga menjelaskan kepada para undangan yang hadir bahwa saat ini Aceh Tamiang khususnya Kota Kualasimpang sedang dilakukan pembenahan agar terlihat lebih rapi dan bersih. Dimana nantinya semua bahu jalan akan diaspal dan akan dibangun taman-taman di pinggir jalan serta akan dipasang lampu hias.

Selanjutnya pembangunan Mesjid Agung akan mulai dilanjutkan kembali, kemudian salah satu upaya pengurangan dan pemberantasan narkoba di Aceh Tamiang dengan membuat program wajib mengaji bagi anak-anak dan safari subuh serta kegiatan Islami lainnya. Diakhir sambutannya beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah menggelar kegiatan ini sehingga silaturahmi tetap terjaga. Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan bersama.