Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST. bersama Plt. Kepala Dinas Pertanian Peternakan & Perkebunan M. Yunus dan Camat Karang Baru Zulfikar melakukan penanaman bibit mangga secara simbolik di lahan Kelompoktani Harapan Tani Kp. Medang Ara, Selasa (16/07/2019). [dok. Humas 2019]

 

Aceh Tamiang – Humas: Setelah kemarin melakukan penanaman perdana bibit mangga secara simbolis di Kecamatan Banda Mulia, pagi tadi, Selasa (16/09/19) sekira pukul 09.30 WIB, Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST. kembali melakukan penanaman bibit pohon Mangga dan Duku. Penanaman dilakukan di dua lokasi, Kelompoktani Maju Bersama Kampung Air Tenang dan Kelompoktani Harapan Tani Kampung Medang Ara Kecamatan Karang Baru. Pada kali ini, Wabup Insyafuddin turut didampingi Plt. Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan M. Yunus, Camat Karang Baru Zulfikar, Kepala BPP Nuraini beserta masing-masing jajaran.

Setelah melakukan penanaman secara simbolis, Wabup pada bincang-bincangnya bersama anggota kelompoktani di dua kampung tersebut berpesan supaya tanaman yang telah diberikan dapat dirawat dengan sebaik-baiknya supaya kelak dapat memberikan hasil yang baik. Kepada Datok Penghulu, Wabup meminta supaya keberadaan hewan ternak dapat diatur supaya tidak mengganggu lahan pertanaman yang ada.

Pembangunan pertanian melalui pengembangan kawasan, termasuk di dalamnya pemanfaatan pekarangan dan intesifikasi lahan, ujar Wabup merupakan satu dari misi Pemerintahan Bermutu. Ini tercantum sebagaimana misi ketiga,  Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dengan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Unggulan Daerah.

Pada kesempatan yang sama, Wabup meminta Camat dan Kepala BPP supaya dapat bersinergi dengan baik dalam mendukung pengembangan kawasan hortikultura unggulan di Aceh Tamiang, khususnya wilayah Karang Baru. Khusus kepada para Penyuluh Pertanian Lapangan, Wabup Insyafuddin meminta mereka mengoptimalkan kerja-kerja penyuluhan dengan intensif memberikan pendampingan dan pembinaan kepada para petani. Ia menekankan, bahwa peran dan fungsi penyuluh sangat penting dalam pembangunan pertanian di Aceh Tamiang.

Ada pun bibit hortikultura yang diserahkan kepada kedua kelompoktani tersebut masing-masing terdiri dari bibit mangga sebanyak 200 batang, bibit duku 250  batang, dan bibit jeruk manis sebanyak 500 batang. 

Tampak hadir pada acara pagi tadi, Datok Penghulu Air Tenang Muttaqin, Pj. Datok Penghulu Medang Ara Irma Destika Irawan, Babinsa Koramil 02/Karang Baru, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat, serta para anggota kelompoktani. [des/zuw]