Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin saat memberikan arahan pada Rapat Kerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Aceh Tamiang, Rabu (03/07/19). [dok. Humas 2019]

 

Aceh Tamiang – Humas: Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST., membuka Rapat Kerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Tamiang, di Aula Kantor Bupati, Rabu (03/07/19). Acara dimulai sekira pukul 09.30 WIB yang dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Tamiang, seluruh Kepala OPD di lingkungan Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua FKDM Aceh Tamiang, dan para anggota FKDM Kabupaten Aceh Tamiang. Kali ini tema yang di usung adalah “Meningkatkan Peran FKDM Menjaring Informasi dalam Upaya Deteksi Dini Konflik”.

Wabup Insyafuddin dalam arahannya menekankan pentingnya mengantisipasi timbulnya berbagai potensi konflik dan kerawanan sosial di masyarakat yang dapat mengancam stabilitas daerah, khususnya Aceh karena eskalasi konflik dalam masyarakat hari ini. Apalagi, di berbagai daerah, sebagian warga belakangan ini cenderung memilih penyelesaian masalah dengan tindakan anarkis dan kekerasan untuk menyampaikan pendapatnya, yang akhirnya bermuara pada kerusuhan atau konflik.

Diharapkan oleh Wabup, FKDM bersama masyarakat secara aktif dapat segera melakukan upaya deteksi dini dan cegah dini untuk meredam potensi-potensi konflik dan gangguan keamanan yang dapat mengancam stabilitas daerah.

Sebelumya, Rudiyanto selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Tamiang dalam laporannya mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ialah untuk meningkatkan sinergitas antara FKDM dengan Pemerintah Daerah serta forum masyarakat lainnya guna mewujudkan stabilitas keamanan di daerah dan meningkatkan kewaspadaan anggota FKDM dalam mendeteksi potensi gangguan kamtramtibmas di daerah.

Sejalan dengan itu juga Kepala Kesbangpol Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Penanganan Konflik Sosial dan Kewaspadaan Nasional Halim Perdana Kesuma dalam sambutannya menerangkan, bahwa raker ini dilaksanakan guna meningkatkan peran FKDM Kabupaten/Kota dalam menjaring berbagai informasi yang berkaitan dengan isu-isu yang berkembang di masing-masing daerah, sekaligus mempererat jalinan silaturrahmi.

Raker ini menghadirkan 3 (tiga) Narasumber yaitu Dr. Sehat Ihsan Shadiqin, M.Ag –sosiolog UIN Ar-Raniry Banda Aceh– dengan materi Peran dan Fungsi FKDM, Kapolres Aceh Tamiang yang diwakili oleh Ipda Andi Krisna dengan materi Teknik Menjaring Informasi dalam Upaya Deteksi Dini, dan Rudiyanto Kepala Badan Kesbangpol Aceh Tamiang dengan materi Peran Kesbangpol dalam deteksi dini di Kabupaten Aceh Tamiang. [des]