Gambar bahan kampanye pemberitahuan perubahan arus kendaraan pada rencana rekayasa lalulintas di kawasan CBD Kota Kualasimpang. (dok. Humas 2019)

 

Aceh Tamiang - Humas : Aceh Tamiang menunda sementara uji coba rekayasa lalu lintas yang sebelumnya telah dijadwalkan akan berlangsung hari ini, senin (01/07/19). Penundaan ini dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Basyaruddin, SH. yang didampingi oleh Plt. kadis Perhubungan Abdullah dan Kasat Pol PP & WH Asma’i, disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya belum tertata rapi kabel PT. Telkom yang semrawut di sepanjang jalan Iskandar Muda - Kota Kualasimpang.

Sekda Basyaruddin mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang telah menyurati PT. Telkom untuk melakukan penataan kabel yang semrawut itu, agar uji coba rekayasa lalu lintas segera diterapkan. Selain kabel yang tidak tertata rapi, Sekda juga mengatakan kendala lain yang harus dibenahi terkait kepadatan lalu lintas yang cukup besar di ruas jalan Iskandar Muda.

“Banyak kendala yang harus diselesaikan di lapangan, mulai dari penertiban rambu, penumbangan pohon kayu, jaringan kabel Telkom dan lainnya yang menjadi penghambat, sehingga terjadinya penundaan uji coba rekayasa jalan”, ungkapnya.

Hal serupa juga dikatakan Abdullah selaku Plt. Kadis Perhubungan. Rekayasa lalu lintas baru bisa kita terapkan jika semua kendala tersebut telah dibenahi.

Dalam rencana penerapan uji coba rekayasa lalu lintas ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menyiapkan 106 personil gabungan yang terdiri dari 70 orang dari Dinas Perhubungan, 20 orang dari Satpol PP/WH, 6 orang dari Dinas Perhubungan Provinsi Aceh dan 11 orang dari Satlantas Polres Aceh Tamiang. Direncanakan. Uji coba rekayasa lalu jalan ini akan dilaksanakan dalam dua minggu ke depan yang dipastikan sebelum tanggal 17 Juli 2019 mendatang. [des]