Aceh Tamiang – Humas: Pesan tersebut disampaikan Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH., M.Kn. ketika melepas keberangkatan calon wisudawan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Tamiang ke Institut Pertanian Bogor - Jawa Barat, Senin (17/06/19) sekira pukul 14.30 WIB. Lebih lanjut Bupati Berpesan supaya alumni AKN kelak menjadi enterpreneur muda di bidang pertanian dan bidang lain yang sesuai dengan jurusan yang diminati.

“Lulusan AKN Aceh Tamiang ini diciptakan menjadi tenaga terampil untuk menerapkan ilmu yang sudah didapat. Kalau kurang terampil, latihan lagi, bisa otodidak atau ikut pelatihan resmi. Alumni AKN mesti jadi enterpreneur muda, terutama di bidang pertanian. Jangan malu jadi petani! Jangan meminta-minta untuk diangkat menjadi PDPK atau tenaga Bakti di instansi pemerintah.” tegasnya.

Bupati kemudian menyampaikan bahwa banyak kebutuhan pangan dan tanaman hias, temasuk tanaman buah dalam pot (tabulampot) yang didatangkan dari luar daerah. Tingginya angka konsumsi ini, hendaknya dapat ditangkap oleh para alumni kelak menjadi peluang usaha yang menghasilkan dan menjanjikan.

Pernyataan Bupati ini sejalan dengan pesan Wakil Bupati Tengku Insyafuddin, yang menyebutkan bahwa hari ini Pemkab Aceh Tamiang tengah serius membangun pertanian di daerah. Wabup Insyafuddin mengajak calon wisudawan untuk ikut andil membangun serta mengembangkan perekonomian daerah melalui sekrot pertanian. Wabup turut menguatkan pesan Bupati yang mendorong para alumni kelak menjadi enterpreneur muda.

“Inti berusaha itu cuma satu, Berani!” ungkapnya.

Dalam pertemuan siang tadi, para calon wisudawan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Tamiang banyak mendapatkan pesan serta petuah-petuah yang memotivasi mereka menjadi enterpreneur.

Sebelumnya, laporan Kepala Bappeda Aceh Tamiang Rianto Waris menyebutkan, bahwa besok, Selasa (18/06/19) sebanyak 36 calon wisudawan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Tamiang akan bertolak ke Institut Pertanian Bogor –sebagai Kampus pembina Pendidikan Di luar Domisili AKN– untuk melaksanakan seminar tugas akhir hingga wisuda. Calon wisudawan ini berasal dari 3 (tiga) program studi yang ada, yakni Manajemen Informatika 14 orang, Perikanan Budidaya 6 orang, dan Teknologi Industri Benih 16 orang.

Direncanakan para calon wisudawan akan berada di Bogor selama 30 hari. Adapun agenda kegiatan selama di Bogor nanti ialah sebagai berikut, Seminar dan Ujian Sidang mulai tanggal 20 s.d. 24 Juni, Yudisium 28 Juni, Wisuda 23 s.d. 24 Juli. Keberangkatan ke Bogor menggunakan bus umum dengan biaya mandiri masing-masing calon wisudawan. [zuw]