Aceh Tamiang – Humas: Senin (29/04/19) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) yang berlangsung selama 1 hari di Aula Kantor Kemenag Aceh Tamiang.

Acara dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Tamiang Adi Darma sekitar pukul 09.15 WIB. Tampak hadir Kepala Kantor Kemenag Aceh Tamiang Hasan Basri, Kepala Baitul Mal Mulkan Tampubolon, Kasie Manajemen dan Usaha Dinas Pendidikan Dayah M. Yusuf, Kasie Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang Elisa, serta para Dewan Guru.

Laporan ketua panitia menjelaskan, bahwa tujuan dari Pentas PAI ini sebagai upaya untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional yaitu mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Serta sebagai wadah untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minatnya masing-masing.

Adapun jenis-jenis yang akan diperlombakan dan jumlah peserta pada kegiatan Pentas PAI ini yaitu perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an sebanyak 39 orang, Musabaqah Hibzil Qur’an sebanyak 40 orang, cerdas cermat PAI sebanyak 90 orang, lomba kaligrafi Islami sebanyak 28 orang serta lomba pidato PAI sebanyak 51 orang.

Dalam sambutan Bupati Aceh Tamiang yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Pentas PAI ini. Pentas PAI ini merupakan momentum untuk memperkokoh niat dan sikap kita dalam mewujudkan bangsa berkarakter, terutama bagi generasi muda.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu agar dapat mempererat persaudaraan Muslim dan memberi motivasi pada peserta didik mengamalkan ajaran Islam lewat kompetisi. Pentas yang dikemas dalam bentuk kompetisi ini, dapat memberikan motivasi kepada peserta didik supaya lebih bersemangat mempelajari dan mencintai pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Beliau berharap melalui kegiatan ini, dapat menjadikan sarana aktualisasi diri bagi pesertga didik dalam hal pengalaman, penghayatan dan pengalaman nilai-nilai agama Islam. Kepada seluruh pihak agar dapat memberikan yang terbaik bagi anak didik kita dengan memberikan pendidikan agama yang baik bagi mereka. [ck]