Aceh Tamiang – Humas: Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXIII pada Kamis (25/04/19) bertempat di Lapangan Belakang Kantor Bupati sekira pukul 08.30 WIB. Tema peringatan tahun ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah. 

Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST., selaku Inspektur Upacara dalam membacakan amanat Menteri Dalam Negeri menyampaikan perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang telah banyak mengalami kemajuan yang dicapai. Otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, dimana masyarakat daerah didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya.

Muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan rakyat melalui peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat yang diharapkan nantinya daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhusussan serta potensi keanekaragaman daerah.

Ada tiga hal prinsip yang berubah secara drastis setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi otonomi daerah. Pertama, otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Kedua, otonomi daerah telah menumbuhkembangkan iklim kebebasan berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat. Ketiga, dengan desentralisasi yang telah berjalan, maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat, tidak lagi harus melalui proses panjang dan berbelit-belit dan menjadi sangat efesien dan responsif.

Peringatan ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, para pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, para kepala dan perwakilan instansi vertikal, serta di ikuti segenap ASN dan PDPK Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dan Anggota TNI/Polri. [des]