Aceh Tamiang – Humas: Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Tamiang Adi Darma, mewakili Bupati Aceh Tamiang membuka Sosialiasasi Kesadaran Zakat, Selasa (23/04/19). Sosialisasi dengan tema “Penunaian zakat sebagai wujud kesempurnaan Iman dan Islam serta meningkatkan kesejahteraan Ummat” yang digelar di Aula SKB Karang Baru sekira pukul 10.00 WIB.

Laporan Kepala Sekretariat Baitul Mal M. Fajar selaku ketua panitia bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan, wawasan, informasi sekaligus menyamakan persepsi tentang Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) kepada masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang pada umumnya dan khususnya untuk para muzakki.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang Zakat, Infaq dan Shadaqah, menumbuhkan kesadaran berzakat dan memperkenalkan Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang sebagai lembaga resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang yang bertugas mengelola dan menyalurkan Zakat, Infaq dan Shadaqah kepada Mustahik sesuai Asnaf Zakat.

Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang dalam hal mewujudkan program-program yang langsung menyentuh masyarakat bawah/dhuafa juga telah melibatkan dan bekerjasama dengan 213 Baitul Mal Kampung dalam Kabupaten Aceh Tamiang. Selain mengelola dana Zakat, Infaq, Shadaqah juga mengelola wakaf yang mana telah ada 3 tanah wakaf yang telah diwakafkan ke Baitul Mal Kabupaten untuk dikelola yaitu wilayah Bukit Rata Kejuruan Muda, Kampung Tanah Terban Karang Baru dan Kampung Ubi Rantau.

Adi Darma membacakan sambutan Bupati Aceh Tamiang menyampaikan untuk mengoptimasi pendayagunaan Zakat, Infaq dan Shadaqah dan harta agama sebagai potensi ekonomi umat Islam, maka perlu dikelola secara tepat dan efektif oleh lembaga profesional yang lebih bertanggungjawab. Oleh karena itu, Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang adalah sebuah lembaga nonstruktural yang diberi kewenangan untuk mengelola dan mengembangkan Zakat, Infaq, Shadaqah dan harta agama lainnya dengan tujuan untuk kemaslahatan umat.

“Untuk itu, kami berharap melalui sosialisasi kesadaran zakat dalam rangka pemerataan pembagian zakat, Infaq dan Shadaqah serta pengelolaanya, kami mengajak seluruh muzakki untuk dapat memajukan Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang dengan cara mempercayakan penyaluran zakatnya melalui lembaga Baitul Mal Kabupaten yang telah terbentuk,” terangnya.

Kegiatan ini diikuti 100-an orang peserta, dan dihadiri oleh Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang Mulkan Tampubolon, Kasdim Aceh Tamiang Mayor Inf. A. Yani, Kasat Binmas Polres Kompol Mahram, Kepala BPJS Aceh Tamiang, Kepala Bank Aceh Kabupaten Aceh Tamiang serta pada Muzakki juga tamu undangan yang hadir. [ck]