Aceh Tamiang – Humas: Masih dalam rangkaian agenda memeriahkan HUT Aceh Tamiang ke 17, Pemkab Aceh Tamiang melalui Dinas Pangan Kelautan dan Perikanan (DPKP) kembali mengadakan Festival Kampung Lele ke III tahun 2019. Kegiatan ini merupakan salah satu program pengembangan perikanan Budidaya DPKP. Dipusatkan di Tribun Belakang Kantor Bupati, festival dibuka oleh Sekretaris Daerah Basyaruddin, SH., sekira pukul 09.30 WIB.

Festival kampung lele memiliki tiga kegiatan di dalamnya; Lomba mewarnai bagi anak SD, Lomba cerdas cermat Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), serta Lomba pancing lele. Ini sebagaimana disampaikan Plt. Kadis DPKP Yuarnita Indriani dalam laporannya selaku Ketua Panitia. Ia juga menyampaikan kegiatan yang dianggarkan dalam APBK ini bertujuan untuk menggalakkan budidaya dan konsumsi ikan lele.

Sekda Basyaruddin dalam arahannya, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas terlaksananya festival kampung lele. Sekda menambahkan selain memasyarakatkan makan ikan lele, agenda ini merupakan bentuk dukungan kepada para kelompok pembudidaya ikan, terutama pembudidaya ikan lele. Ia berharap kegiatan ini mampu membantu pergerakan roda perekonomian sektor perikanan budidaya.

Pada kesempatan tadi, Sekda juga berkesempatan mencicipi beberapa makanan dan produk olahan berbahan dasar ikan lele.

Tampak hadir dalam pembukaan festival kampung lele Plt. Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Yetno, Plt Kadis LH Sayed Mahdi, Direktur RSUD dr. Tengku Dedi Syah, perwakilan BNN Kab. Aceh Tamiang, para peserta lomba  mewarnai, lomba cerdas cermat, dan para tamu undangan lainnya. [sai/zuw]