Aceh Tamiang – Humas: Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pangan Kelautan dan Perikanan (DPKP) menggelar Lomba Pancing Ikan Lele. Lomba yang diikuti 100 orang peserta dipusatkan di Kampung Tanah Terban, Dusun Setia, Sabtu (14/04/2019). Lomba pancing lele merupakan agenda dalam Festival Kampung Lele ke III tahun 2019.

Perlombaan dibuka oleh Plt. Kadis DPKP Aceh Tamiang, Yuarnita Indriani sekira pukul, 14.30 WIB. Lomba pancing lele menghadirkan para dewan juri dari unsur Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA). Dalam sambutannya, Yuarnita menegaskan kepada seluruh peserta yang mengikuti lomba pancing untuk menjunjung tinggi sportivitas sepanjang pertandingan berlangsung.

“Ajang lomba ini bertujuan untuk memeriahkan HUT Aceh Tamiang ke 17 tahun 2019.  Lomba juga diharapkan menjadi sebagai tempat hiburan bagi mania pancing. Oleh sebab itu diharapkan berlomba dengan tidak cara curang,” ujar Yuarnita.

Yuarnita menjelaskan, dari perlombaan ini akan diambil tiga pemancing yang dinilai lebih banyak menghasilkan tangkapan melalui pancing. Pemancing yang terbanyak akan mendapat hadiah satu unit kulkas. Untuk pemancing terbanyak dua diberikan hadiah Dispenser unit besar, begitu juga dengan pemancing terbanyak tiga akan diberi hadiah kipas angin.

“Untuk hadiah hiburan, sebanyak 5 orang peserta yang mendapat hasil pancingan ikan lele diberikan hadiah hiburan berupa baju kaos,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang Dewan juri, Yogi Syaputra, menjelaskan, sebanyak 100 orang peserta dibagi pada dua kolam yang telah disediakan. Masing-masing peserta hanya boleh membawa satu buah pancing dan mata pancing. “Waktu yang diberikan untuk lomba 1 jam atau 60 menit. Bila waktu habis hasil tangkapan ikan lele dikumpulkan untuk ditimbang. Saat ditimbang dimasukan terlebih dahulu ke kantong plastic untuk menghindari tambahan beratnya,” jelas Yogi.

Menurut Yogi, dalam perlombaan sejumlah juri melakukan pemantauan secara ketat. “Kita pastikan tidak ada peserta yang melakukan kecurangan. Jika kita temukan ada kecurangan, maka kita diskualifikasikan dan gugur sebagai pemenang,” tegasnya. [ind]