Aceh Tamiang – Humas: Selasa (12/03/19) Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) resmi dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang di Komplek Pusat Keislaman (Islamic Center) Aceh Tamiang pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Syari’at Islam ini turut dihadiri oleh Unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Wakil Ketua Mahkamah Sya’iyyah, Perwakilan Kemenag Aceh Tamiang, Plt. Kepala Dinas Syari’at Islam, Syamsul Rizal, S.Ag., Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M. Nur, M.Si, Ketua MAA Drs. Abdul Muin, Ketua MPU Drs. Ilyas Mustawa, Camat Bendahara Fakhrurazi Syamsuyar, S.STP, Camat Tenggulun M. Ilham Malik, S.STP, dan para Pengurus LPTQ.

Dikatakan Kepala Dinas Syari’at Islam Syamsul Rizal, pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ini merupakan salah satu bentuk menjaga harmonisasi sosial dan kerukunan beragama. STQ diselenggarakan selama 2 hari, di mana kegiatan tersebut menjadi ajang untuk mempersiapkan calon peserta yang akan memasuki pemusatan latihan (training center) untuk menjadi calon anggota kafilah MTQ Aceh Tamiang ke MTQ Tingkat Provinsi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST., mengharapkan kepada para peserta seleksi untuk meluruskan niat terlebih dahulu. Beliau mengajak peserta menjadikan ajang MTQ sebagai upaya membumikan Alquran di tengah-tengah masyarakat, bukan hanya sekadar mencari piala atau menajadi juara semata. Maka dari itu, mengikuti STQ ini harus betul-betul menjaga niat untuk mencari pahala karena Allah swt, insyaallah akan diberikan hasil yang terbaik.

Wakil Bupati mengingatkan tentang hadits yang menjelaskan tentang keindahan membaca Qur’an bukan karena irama yang mendayu-dayu, akan tetapi ketika Qur’an dibacakan maka hadir rasa takut dan bertambah-tambah keimanan kita kepada Allah. Beliau juga menyitir Qur'an surat Al-Furqan ayat 30 yang menjelaskan bahwa Al-Qur’an telah diabaikan. Maksudnya dengan tidak membacanya, menghapalnya, menyampaikannya dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Sebagai orangtua kita harus belajar Qur’an dan mengajarkan kepada anak-anak kita sehingga mendapatkan generasi yang sholeh dan sholehah, itulah yang dikatakan Rasul dalam hadits lainnya, yang bermakna bahwa sebaik-baik orang adalah yang belajar Quran kemudian mengamakan dan mengajarkannya kepada orang lain.

Adapun peserta STQ dari seluruh cabang yang akan diperlombakan dalam MTQ nantinya. Para peserta terdiri dari 4 kategori yaitu finalis peserta MTQ Tahun 2018, Juara MTQ tingkat Kabupaten, Juara MTQ tingkat Provinsi/Nasional, peserta potensial hasil penelusuran bakat/minat dari seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang. Sementara juri STQ didatangkan langsung dari provinsi. Peserta yang lolos seleksi akan mengikuti pemusatan latihan pada bulan April 2019 nanti yang dipusatkan di Hotel Grand Arya - Karang Baru. [ck]