Aceh Tamiang – Humas: Rabu (13/03/19) Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST membuka Lomba Cerdas Cermat Qanun Syari’at Islam yang diselenggarakan oleh Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tamiang sekira pukul 09.00 WIB. Cerdas cermat diperlombakan untuk semua kategori, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Perlombaan tersebut digelar di Aula SKB Karang Baru dan diikuti oleh 36 (tiga puluh enam) sekolah se-Kabupaten Aceh Tamiang.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan, perlombaan ini sangat baik dilakukan. Ia mengapresiasi penyelenggaraan, karena hal ini merupakan salah satu kegiatan dalam menyemarakkan syiar Islam di Kabupaten Aceh Tamiang. Wakil Bupati berharap cerdas cermat tersebut dapat memotivasi peserta didik dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang syari’at Islam dikalangan para pelajar. Lebih lanjut Insyafuddin berpesan kegiatan ini hendaknya menjadi wadah penyalur bakat dalam peningkatan kreativitas pengamalan Dinul Islam dan implementasi penegakan Syari’at Islam di Aceh Tamiang.

Khusus kepada para pelajar yang menjadi peserta dan ikut meramaikan lomba, Wakil Bupati menyampaikan arahannya, bahwa untuk menjadi cerdas hanya perlu satu kunci yaitu; iqra’ (baca). Beliau menambahkan idealnya sejak dini anak-anak gemar membaca. “Karena seperti kata pepatah buku adalah jendela dunia. Dengan banyak membaca maka wawasan kitapun bertambah,” ungkapnya.

Sebelumnya, laporan Kepala Dinas Syari’at Islam Syamsul Rizal, selaku ketua panitia pelaksana kegiatan menjelaskan, materi dari kegiatan cerdas cermat ini seputar Qanun Syariat Islam dan Ilmu Pengetahuan Agama sesuai dengan jenjang pendidikan. Ia menyebutkan lomba cerdas cermat berlangsung selama 2 hari, 13-14 Maret 2019. “Oleh karena itu, dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan kepada seluruh peserta pelajar mampu mempedomani nilai-nilai syari’at islam dalam kehidupan sehari-hari.” sebutnya. Ia menambahkan para peserta yang menjadi pemenang nantinyan akan diikutsertakan dalam kompetisi cerdas cermat serupa di tingkat provinsi.

Tampak hadir dalam acara pembukaan lomba cerdas cermat tersebut antara lain Perwakilan dari unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang M. Nur, Ketua Mahkamah Syari’ah Kualasimpang M. Syauqi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang Hasan Basri, serta para guru pendamping dan peserta didik dari berbagai sekolah yang ikut meramaikan lomba cerdas cermat. [deko]