Aceh Tamiang – Humas: Jum’at ( 15/03/19) Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST bersafari subuh ke Masjid Istiqamah Dusun Perantau Kampung Alur cucur Kecamatan Rantau. Kedatangan Wakil Bupati beserta rombongan disambut hangat oleh Datok Penghulu beserta perangkat kampung dan tokoh masyarakat.

Diawali dengan shalat subuh berjamaah, agenda safari kemudian dilanjutkan taushiyah yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Manan. Pada taushiyahnya, usatdz berpesan bahwa ada dua pilihan dalam hidup ini, pertama kesenangan dan kedua ketenangan. Beliau menjelaskan kalau kita memilih kesenangan, hidup ini hanya sementara semua bisa kita miliki tetapi dengan ketenangan jiwa kita menjadi tenang, dan untuk mendapatkan ketenangan didalam hidup, perbanyaklah zikir untuk mengingat Allah.

Beliau juga menjelaskan sholat hakikinya merupakan komunikasi batin antara hamba dengan Tuhannya. Apabila hubungan batin (kekhusyu’an) tidak terbangun maka shalat yang dilakukan tidaklah sempurna, bahkan sia-sia karena komunikasi batin dengan Tuhan tidak terjalin. Khusyu’ dalam ibadah kedudukannya seperti ruh/jiwa dalam tubuh manusia. Sehingga ibadah yang dilakukan tanpa khusyu’ adalah ibarat tubuh tanpa ruh alias mati. Khusyu’ terbagi dalam tiga hal yang pertama, sungguh-sungguh dalam mengerjakan, kedua harus fokus dan yang ketiga mengerjakan dengan senang hati. Apabila ini dapat kita laksanakan maka kekhusyu’an akan kita dapatkan.

Kemudian Wakil Bupati Aceh Tamiang menyampaikan pesan-pesannya kepada para jamaah yang hadir. Pertama sekali beliau menyampaikan salam dari Bupati Aceh Tamiang yang tidak dapat hadir dalam safari subuh ini. Kedua, beliau juga berharap untuk seluruh masyarakat agar meningkatkan keimanan dan aqidah kita. Serta jangan ada lagi hiburan organ tunggal (keyboard) sampai malam hari. Wakil Bupati juga menegaskan Aceh Tamiang harus bebas dari narkoba. Beliau mengharapkan supaya perangkat kampung dan seluruh warga dapat menjaga dan mewaspadai peredaran narkoba di lingkungan masing-masing. Jika mengetahui adanya perihal tersebut supaya dapat melaporkannya ke pihak berwajib.

Pesan ketiga yang disampaikan Wakil Bupati, ialah meminta kepada seluruh masyarakat untuk mendukung program Bupati (pemerintah -red) untuk membangun Aceh Tamiang khususnya untuk penataan Kota Kualasimpang. Beliau meminta kepada jamaah untuk senantiasa mendoakan para pemimpin negeri, khususnya Bupati dan Wakil Bupati supaya tetap amanah dan mampu bekerja sesuai harapan rakyat. Pesan keempatnya, menjelang Pemilu pada April nanti, Wakil Bupati menegaskan kepada seluruh jajaran pemerintahan baik Datok Penghulu maupun ASN untuk netral.

Pada kegiatan safari subuh hari ini, tampak ikut serta dalam rombongan Asisten Administrasi Umum Adi Darma, Sekretaris DPRK Aceh Tamiang Syuaibun Anwar, Kepala Dinas Syariat Islam Syamsul Rizal, Plt. Kepala Satpol PP & WH Asma’i, Kepala BPKD Abdullah, Kepala BPBD Syahri, Kepala Dinas Kominfo & Persandian Amiruddin Y, Plt. Kepala Dispora Yetno, Plt. Inspektur Kabupaten Asra, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Tarmihim, Direktur Rumah Sakit dr. Tengku Dedy Syah, Kabag Umum Setdakab Rafe’i, Camat Rantau Zainuddin. [ck]