Aceh Tamiang - Humas: pesan itu disampaikan Bupati Aceh Taming H. Mursil, SH, M.Kn saat membuka acara Advokasi dan Sosialisasi Pengembangan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Keterampilan (Akupresur) pada Jum'at (22/03/19). Acara advokasi dan sosialisasi diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan bertempat di Aula Setdakab Aceh. Tamiang sekira pukul 09.00 WIB.

Pada pengarahannya, Bupati Aceh Tamiang menjelaskan program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan salah satu pilar utama yaitu paradigma sehat dilakukan dengan strategi pengutamaan kesehatan dalam pembangunan kesehatan, penguatan promotif, preventif dan pemberdayaan masyarakat. Salah satu strategi pembangunan kesehatan yang mendorong masyarakat agar mampu mendukung kesehatannya, serta mengatasi masalah kesehatan yang mandiri melalui kemampuan asuhan mandiri yang diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah No 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional.

Pemerintah Daerah, kata Bupati, sangat mendukung advokasi dan sosialisasi ini untuk mendapatkan dukungan lintas sektoral terkait dan saling bersinergi dalam pengembangan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur. Bupati meminta bantuan SKPK yang dapat saling mendukung untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumahtangga menjadi lahan pengembangan TOGA tersebut. Ia berharap dengan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan tanaman yang berkhasiat obat.

Sebelumnya, laporan Kepala Dinas Kesehatan dr. Catur Haryati menerangkan dalam Undang-Undang Nomor 94 tentang Kesehatan, agar masyarakat mendapat pelayanan kesehatan tradisional maka harus melalui dinas dan diawasi oleh pemerintah. Kegiatan advokasi dan dukungan sosial untuk meningkatkan pengetahuan dan mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah, SKPK terkait dengan berbagai sektor terhadap pelayan kesehatan tradisional melalui bahan-bahan herbal yang lebih banyak tersedia di daerah sendiri.

Advokasi dan Sosialisasi Pengembangan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Keterampilan (Akupresur) diisi oleh pemateri dari Dinas Kesehatan Aceh dan Kementerian Kesehatan. Tampak Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang Rita Syntia, ST, MM, beserta para pengurus mengikuti acara advokasi dan sosialisasi. Peserta dalam acara ini, adalah peserta SKPK lintas sektor terkait, para Camat di Kabupaten Aceh Tamiang, dan Kepala Badan Perwakilan Puskesmas di Kabupaten Aceh Tamiang. [ck]