Aceh Tamiang – Humas: Jum’at (22/03/19) Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn menghadiri kegiatan Penghijauan dan Penanaman Pohon yang dilaksanakan oleh Lapas Kelas II B Kualasimpang yang bertempat di Istana Karang sekira pukul 10.30 WIB. Kepala Lapas II B Kualasimpang Davy Bartian, mengatakan penghijauan ini merupakan salah satu kegiatan Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Lapas Kelas II B Kualasimpang dan masih berkenaan dengan Bulan Bakti Pemasyarakatan.

Lebih lanjut, Davy mengungkapkan ini merupakan wujud sumbangsih dari pihaknya kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, terutama dalam upaya kegiatan penghijauan. Pada kegiatan ini Davy menjelaskan, Lapas Kelas II B Kualasimpang memberikan 100 batang pohon Tanjung dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam gerakan penghijauan kota. Ia berharap tanaman yang diserahkan dapat ditanam bersama-sama dalam Komplek Istana Karang dan sekitarnya. Ia juga menambahkan, semoga kegiatan penghijauan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Pada penutupnya Kepala Lapas berterima kasih kepada Bupati Aceh Tamiang, Ketua DPRK, Kapolres, dan segenap tamu undangan yang telah hadir dalam kegiatan penghijauan dan penanaman pohon ini.

Bupati Aceh Tamiang turut mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kepala Lapas Kelas II B Kualasimpang atas kepeduliannya terhadap Istana Karang yang merupakan aset sejarah kebanggaan Aceh Tamiang. Namun, sebut Bupati, Istana Karang merupakan Aset Pertamina sehingga Pemerintah Daerah tidak dapat melakukan renovasi. Bupati mengaku akan melakukan pertemuan dengan pihak Pertamina, meminta pengalihan untuk menjadi aset Pemerintah Daerah agar dapat direnovasi dan dimanfaatkan, misalnya menjadi tempat pembelajaran sejarah. Bupati juga menyarankan untuk kedepannya penghijauan dapat dilakukan di Komplek Polres dan Komplek Kejaksaan Negeri. Beliau menyarankan hal tersebut, karena kedua instansi ini memiliki lahan yang luas.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis. Tampak hadir dalam kegiatan, Ketua DPRK Aceh Tamiang Fadlon, Kapolres AKBP Zulhir Destrian, Pengurus MPU Aceh Tamiang, Ketua MPD Fahmizar, Ketua MAA Abdul Muin, para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Danyon Raider Khusus 111/KB Letkol Inf. Guruh Tjahyono, Pasiter Kodim 0117/Aceh Tamiang Kapten Inf. Abidin, Kepala Cabang BNI Kualasimpang, Kepala Cabang Bank Mandiri Kualasimpang, serta pihak Pertamina. [ck]