Aceh Tamiang – Humas: Selasa (26/03/2019) Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Basyaruddin, SH membuka Rapat Kerja Baitul Mal Kampung tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang. Kegiatan yang bertema “Penguatan Kapabilitas Baitul Mal Kampung dalam Pengelolaan ZIS untuk Kesejahteraan Umat” bertempat di Aula SKB Karang Baru sekira pukul 09.00 WIB.  

Kepala Sekretariat Baitul Mal M. Fajar mengatakan kegiatan ini adalah salah satu langkah untuk merangkul seluruh Baitul Mal Kampung agar sama-sama dalam memungut zakat dari seluruh Muzakki dan menyalurkannya. Ia menekankan kepada seluruh peserta bahwa yang dilakukan oleh Baitul Mal ialah bagian dari menjalankan perintah Allah.

Fajar juga melaporkan bahwa sampai dengan hari ini, telah terbentuk 210 dari 213 Kampung dalam Kabupaten Aceh Tamiang. masih ada 3 (tiga) kampung lagi yang belum membentuk baitul mal, yakni Kampung Pantai Balai Kecamatan Seruway, Kampung Binjai Kecamatan Bendahara, serta Kampung Bukit Panjang Sa Kecamatan Manyak Payed. 

Sementara Sekda berpesan melalui  kegiatan  Rapat  Kerja ini, diharapkan Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang dapat menumbuhkembangkan semangat produktifitas para Amil Baitul Mal Kampung untuk dapat meningkatkan penghimpunan zakat, infaq dan shadaqah, dengan meningkatnya penghimpunan ZIS maka salah satu rukun Islam yaitu menunaikan zakat tercapai bagi wajib zakat. Dengan adanya zakat diharapkan akan ada pemerataan harta di kalangan umat Islam, di mana harta itu tidak hanya tertumpu pada kaum aghniya’ (orang kaya) saja tetapi juga dapat dirasakan oleh kaum dhuafa sebagai wujud kepedulian kita kepada sesama dalam rangka menumbuhkan rasa solidaritas sesama muslim.

Sekda menyebutkan, untuk mendukung perkembangan kelembagaan kedepan, pemerintah terus berupaya mendorong untuk memperkuat regulasi Baitul Mal, sehingga mampu mengambil peran strategis sebagai lembaga keuangan ummat. Kepercayaan dari para muzakki atau orang yang membayar zakat, infaq dan sedekah terus ditingkatkan dengan mempublikasi setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Baitul Mal Kampung melalui Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang.

Rapat Kerja Baitul Mal Kampung tahun 2019 diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari para pengurus Baitul Mal Kampung dalam Kabupaten Aceh Tamiang. Narasumber rapat adalah Kepala Baitul Mal Kab. Aceh Tamiang Ustadz Mulkan Tampubolon, Akademisi IAIN Langsa Ustadz Awaluzzikri, dan Yoffi Ardinata, Motivatior asal Sumatera Utara. Tampak hadir para Pembina Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang, unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus, Ketua Forum CSR Sayed Zainal, dan Pimpinan Bank Aceh Syariah cabang Aceh Tamiang. [zuw]