Aceh Tamiang – Humas: Senin (01/04/19) memasuki pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UN) di Tingkat SMA/MA, Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn dan Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST berkunjung ke SMA/MA guna memastikan kelancaran pelaksanaan ujian. Didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M. Nur, Kepala kantor Kemenag Aceh Tamiang Hasan Basri, serta Ketua MPD Fahmizar, Bupati dan Wakil Bupati pertama kali mengunjungi SMA Negeri 4 kejuruan Muda sekira pukul 08.30 WIB.

Pada peninjauan tersebut, Bupati menegaskan Pemerintah Daerah ingin memastikan bahwa pelaksanaan Ujian Akhir Nasional di Aceh Tamiang berlangsung, aman, tertib dan lancar. Bupati menyebutkan pembangunan di bidang pendidikan merupakan salah satu prioritas, dan suksesnya penyelenggaraan Ujian Nasional tentunya menjadi salah satu indikator keberhasilan di bidang pendidikan.

Setelah SMA Negeri 4 Kejuruan Muda, MAN Kualasimpang menjadi sekolah kedua yang dikunjungi. Wakil Bupati memimpin peninjauan karena Bupati mesti membuka acara Pelatihan Metode Iqro’ bagi Guru-guru TPQ. Kepala MAN Kualasimpang, menjelaskan bahwa pihaknya juga memfasilitasi Ujian Akhir Nasional dari 2 (dua) sekolah lainnya, yakni MAS Al-Fajar Suka Makmur, MAS Nurul Iman Seumadam. Keduanya Madrasah Aliyah yang berada di Kecamatan Kejuruan Muda. Adapun Mata Pelajaran yang di uji adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta mata pelajaran pilihan sesuai peminatan masing-masing peserta didik.

Usai meninjau di MAN Kualasimpang, Rombongan melanjutkan peninjauan di SMA Negeri 1 Karang Baru. Di sini, didapatkan informasi peserta didik yang mengikuti UAN sebanyak 193 siswa yang terdiri dari 3 kelas dan 3 sesi ujian perhari. Peninjauan terakhir dilakukan di MAN Manyak Payed dan SMA Negeri 1 Manyak Payed. [ck]