Aceh Tamiang – Humas: Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn., menghadiri kegiatan Penguatan Program KKBPK di Kampung KB dan Baksos TNI Manunggal KB-Kesehatan Tahun 2019. Kegiatan berlangsung di Lapangan Sepak Bola Kampung Bandung Jaya Kecamatan Manyak Payed sekira pukul 10.00 WIB.

Kedatangan Bupati di Kampung Bandung Jaya langsung disambut dengan tarian persembahan, atau tarian ucapan selamat datang bagi para tamu yang datang dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat Suci Al-Qur'an.

Selepas itu, sambutan Kepala DPMKPPKB yang diwakili oleh Sekretaris Bustamam, mengatakan bahwa Program Kampung KB pertama kali dicanangkan di Kabupaten Aceh Tamiang pada tahun 2016 yaitu berada di Kampung Meurandeh Kecamatan Manyak Payed. Adapun jumlah Kampung KB yang sudah terbentuk di Kabupaten Aceh Tamiang berjumlah 19 Kampung KB di masing-masing Kecamatan.

Bustamam juga menjelaskan kriteria wilayah dibentuknya Kampung KB adalah kumuh, kawasan miskin (miskin perkotaan) bantaran Kereta Api, kawasan industri, pesisir/nelayan, Daerah Aliran Sungai (DAS), terpencil, wilayah perbatasan, kawasan wisata dan tingkat kepadatan penduduk tinggi.

Dalam sambutan Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Aceh yang di wakili oleh Rajali, menjelaskan bahwa pengertian Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat Dusun atau yang memiliki kriteria tertentu. “Di mana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis," katanya.

Adapun tujuan dibentuknya Kampung KB tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia. Kampung KB diharapkan dapat menjadi suatu inovasi strategis dalam penguatan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait diseluruh tingkat wilayah.

“Terutama sebagai suatu langkah implementasi kegiatan prioritas yang memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target atau sasaran yang telah ditetapkan serta memperluas cakupan penggarapan program KB yang dapat diterima manfaatnya secara langsung oleh masyarakat,” jelasnya.

Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf. Deky Rayusyah Putra, mengharapkan kegiatan program KB Kesehatan ini dapat menangani permasalahan kependudukan dalam rangka mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta meningkatkan sumberdaya manusia guna peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Beliau menjelaskan adapun tujuan utama dalam kegiatan KB Kesehatan ini salah satunya yaitu menurunnya angka jumlah kelahiran dengan meningkatnya pengguna alat kontrasepsi/KB (MOP, IUD, MOW, Implan, KB Suntik, Pil dan Kondom), serta terkendalinya angka kelahiuran dan laju pertumbuhan penduduk serta meningkatkannya peserta KB/akseptor baru terutama pada pasangan usia subur (PUS) di wilayah.

Tampak hadir acara tersebut, Ketua Persit Kodim 0117/Aceh Tamiang Kepala DPMKKKB Tri Kurnia, para perwakilan OPD, Camat Manyak Payed beserta Unsur Forkopimcam, para Datok Penghulu Kampung KB dalam Kecamatan Manyak Payed, Para Akseptor KB dan Tamu undangan lainnya. [ck]