Aceh Tamiang: Peluncuran Gampong Mawaddah Warahmah (Gammawar) di Kampung Lhok Medang Ara Kecamatan Manyak Payed, resmi dilakukan. Hal ini ditandai dengan prosesi potong pita oleh Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH bersama Ketua TP-PKK Kabupaten, Zuraidah Meurah, Sabtu (13/5/23).

Pj. Bupati Meurah dalam amanatnya menyebutkan peluncuran Gammawar dilaksanakan sebagai upaya mendukung lomba Gammawar Tingkat Aceh yang merupakan perwujudan kampung dengan 10 Program Pokok PKK yang dimulai dari Posyandu, Kesejahteraan perempuan, perlindungan anak dan kegiatan pendukung lainnya.

Dalam pada itu, Pj. Bupati Meurah meminta agar semua OPD dapat membantu optimal implementasi Gammawar di Kp. Lhok Medang Ara. Ia turut memberikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini. Dikatakannya, peran para Ibu PKK dan Dharma Wanita sangat penting dalam menjalankan 10 Program PKK yang ada.

“Program-program PKK sangat lah penting, semua harus benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari pengamalan Pancasila dan pembentukan akhlak, peningkatan perekonomian keluarga, dan yang menjadi sangat penting, ini merupakan program pemerintah terkait kesehatan guna mencegah lahirnya generasi stunting”, ucap Meurah.

Di hadapan hadirin, Meurah juga mengajak masyarakat setempat untuk rajin dan rutin ke Posyandu, sebagai bentuk partisipasi dan gerakan bersama guba menurunkan angka stunting.

“Di Posyandu, banyak hal yang bisa di dapat sebagai pelayanan kesehatan ibu dan anak serta informasi untuk mewujudkan keluarga sejahtera dan mandiri,” tambah Meurah menerangkan.

Kepada Datok Penghulu dan Perangkat Kampung setempat, Meurah meminta terus menggalang kerjasama guna mengedukasi masyarakat untuk benar-benar menjaga lingkungan agar bersih. Dikatakannya, lingkungan bersih akan menjamin kesehatan yang lebih baik.

Di akhir acara tadi, dilakukan penyerahan bantuan perlengkapan bayi dan makanan tambahan bagi anak-anak dengan kasus stunting serta sejumlah bibit sayuran untuk pemberdayaan pekarangan keluarga.