Banda Aceh: Tenun Putri Lindung Bulan asal Kabupaten Aceh Tamiang mendapat Juara 1 kategori Cinderamata Terfavorit di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2022. Prestasi ini diumumkan Jumat (25/22/22) malam tadi, pada malam puncak API 2022, di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh.

Ketua Dekranasda Aceh Tamiang, Dr. Rita Syntia Mursil yang mendapat kabar tersebut mengucapkan syukur atas capaian itu.

“Alhamdulillah, masyaallah tabarakallah, kita dapat juara 1 di API 2022. Terima kasih kerja sama dan dukungannya,” ucap Rita spontan.

Sementara itu, Kepala Disparpora, Muslizar yang menerima penghargaan di malam puncak API 2022 mengucapkan hal yang sama dengan Rita. Dikatakannya, capaian ini berkat kerja sama dan dukungan semua pihak di kabupaten bergelar Bumi Muda Sedia.

“Bapak Bupati Mursil bersama Ketua Dekranasda sangat serius dan fokus dalam pengembangan tenun Putri Lindung Bulan sebagai produk unggulan daerah. Kami bersama SKPK terkait berkolaborasi, bekerja sama dengan semua pihak yang ada supaya tenun kita terus berkembang,” ujar Muslizar.

Capaian kerajinan khas Aceh Tamiang ini, turut mengantarkan kembali Aceh menjadi Juara Umum di ajang API 2022. Hal ini disampaikan oleh  Chairman of Anugerah Pesona Indonesia, Hiro Kristianto Sianturi.

“Selamat kepada Aceh yang keluar sebagai Juara Umum API 2022. Aceh juga mencatat sejarah sebagai provinsi yang untuk pertama kalinya mencatat prestasi sebagai juara umum secara berturut-turut,” demikian tuturnya.

Hiro Kristianto juga mengatakan, pada penyelenggaraan API tahun ini tercatat terdapat 134 Kabupaten/Kota serta 34 Provinsi yang terlibat dalam menampilkan pariwisata terbaiknya sebagai nominasi.

“Panitia Penyelenggara juga mencatat bahwa dalam penyelenggaraan kali ini, terdapat sebanyak 483.548 vote yang masuk, di mana sekitar 20 persen berasal dari audiens di luar negeri,” ujarnya.

Disamping itu, tercatat bertambah banyak Kabupaten/Kota baru yang mulai bergeliat dan menunjukkan kiprah dan prestasinya di ajang Anugerah Pesona Indonesia, seperti Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Aceh Timur, Kota Subulussalam dan sejumlah daerah lainnya.

“Anugerah Pesona Indonesia saat ini sudah menjadi bagian dari promosi destinasi dan produk pariwisata di Indonesia. Sudah lebih dari 1100 destinasi ataupun produk pariwisata yang diangkat dan semakin dipopulerkan melalui ajang Anugerah Pesona Indonesia,” ungkapnya.

Para peserta API 2022 selain mengikuti acara puncak, juga mengikuti ‘side event’ yaitu Khanduri Kuah Beulangong yang digelar di halaman samping gedung AAC Dayan Dawood.

Dalam kegiatan yang bertema ‘Pesona Tanoh Aceh’ itu juga menyediakan makanan khas Aceh lainnya seperti mi, martabak, kue khas Aceh, hingga produk kriya, wastra dan paket wisata.

Terlihat peserta juga menikmati makanan khas Aceh yang disajikan, khususnya kuah beulangong yang menjadi salah satu menu andalan kuliner Aceh untuk menyambut tamu, hingga penampilan kesenian Aceh juga disuguhkan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, perhelatan akbar API Awards ini sengaja dikemas dengan atraksi budaya Pesona Tanoh Aceh dan menampilkan pameran produk ekonomi kreatif unggulan.

“API Awards ini bukan sekadar seremonial saja, melainkan menjadi momentum membangkitkan gairah pariwisata dan perekonomian, khususnya Aceh, sebagaimana tagline kita ‘Lestarikan Budaya, Majukan Pariwisata,” kata Almuniza Kamal dalam sambutannya.[Ar]