Aceh Tamiang: 12 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang terendam banjir. Pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan, pada Rabu dini hari (02/11/22), total 102 kampung terendam banjir yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di hulu tamiang yang disusul dengan luapan air dari simpang kanan dan kiri.

 

Berdasarkan data pertanggal 02 November 2023, sebanyak 2.250 KK atau 7.410 jiwa mengungsi dibeberapa titik pengungsian dari total sehari sebelumnya hanya 439 KK atau 1.413 yang mengungsi. Artinya, hari ini total pengungsi meningkat karena kondisi banjir semakin meluas dibeberapa wilayah termasuk wilayah hilir Tamiang.

 

BPBD setempat juga melaporkan, rata-rata ketinggian air yang merendam beberapa kampung berkisar 100 - 150 cm. Kondisi terkini, dibeberapa titik air masih bertahan.

 

Atas bencana ini, Pemkab melalui Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya sudah menyalurkan bantuan logistik untuk para pengungsi. Bantuan tersebut langsung diserahkan ke masing-masing camat dan langsung didistribusikan pada setiap titik posko pengungsian. Bantuan tersebut berupa beras, air mineral, beras, telur, mie instan dan minyak goreng.

 

Kepala pelaksana BPBD Aceh Tamiang Iman Suhery kepada tim informasi humas menyampaikan agar masyarakat dapat waspada dan siaga dalam menghadapi bencana banjir yang melanda. Iapun meminta agar masyarakat lebih berhati-hati dan terus memantau debit air yang diperkirakan akan naik lagi akibat hujan di hulu Tamiang. [Ar]